5/09/2015

Tips Bagi Waiter dan Waitress

Dias Akhmad  |  at  5/09/2015  |   |  No comments

Bagi waiter dan waitress, melayani  tamu adalah tugas sehari-hari. Terkadang bisa terkena marah tamu dan kadang diberi  uang tip oleh tamu. Terkadang sedih dan terkadang senang. Namun satu yang pasti yaitu ketemu orang atau tamu restoran. Dalam kondisi hati seperti apapun seorang waiter dan waitress tetap dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang baik kepada tamu dan pelanggan restoran. Jika tidak, mungkin akan segera dipindah posisikan ke bagian atau divisi lain oleh atasan atau jika tidak, mungkin tidak akan diperpanjang kontrak kerjanya. Hmm... Jadi, sebagai waiter dan waitress tetap harus bisa bekerja dengan baik yang utamanya adalah memberikan pelayanan atau service yang baik untuk kepuasan pelanggan restoran. Di artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana kita bisa terus bersemangat dan mendapatkan gairah kerja dalam melaksanakan tugas sebagai seorang waiter dan waitress di restoran.


Berikut adalah tips bagi waiter dan waitress di restoran :

1. Buang jauh rasa malu
Pekerjaan sebagai seorang waiter dan waiteress bukanlah hal yang buruk atau memalukan. Profesi waiter dan waitress adalah profesi yang baik dan membantu banyak orang yang merasa lapar dan ingin makan dan minum bukan? Jadi untuk apa kita malu? bukankah kita tidak melakukan sesuatu yang tercela atau meminta-minta? Jadi buang jauh rasa malu anda. Banggalah dengan pekerjaan anda. Dengan membuang rasa malu, kita bisa menjadi lebih percaya diri dan nyaman dengan pekerjaan kita.

2. Jangan berhenti belajar
Saat ini anda memang masih menjadi waiter atau waitress, tapi anda juga harus mempersiapkan diri anda untuk posisi atau jabatan yang lebih tinggi nantinya. Supervisor atau captain waiter anda yang sekarang bukankah dulunya ia juga seorang waiter? jadi teruslah belajar untuk mempersiapkan diri anda untuk kesempatan, karir, dan tantangan yang lebih.

3. Selalu jujur
Jujur adalah sikap yang membawa kepada kebaikan dan keselamatan. Sikap jujur akan membuat anda mendapatkan modal yang lebih berharga daripada uang yaitu kepercayaan atau trust dari orang lain.Sikap jujur akan membuat anda dihormati dan disayangi banyak orang. Mungkin saat menjalankan operasional sebagai waiter dan waitress, kejujuran anda akan banyak diuji. Mungkin suatu hari anda akan mendapati ada dompet milik tamu atau barang berharga lainnya yang tertinggal di meja makan dan lain sebagainya. Ingatlah bahwa kejujuran adalah lebih utama dari sekedar uang atau barang berharga.

4. Buat target kerja
Jangan hanya mau setiap hari pergi bekerja dan setiap bulan mendapat upah atau gaji. Harus ada yang lebih daripada itu, yaitu pencapaian. Anda harus membuat sebuah target kerja untuk pencapaian anda. Misalnya jika anda saat ini belum bisa membawa minuman dengan menggunakan tray di satu tangan, maka buatlah target berapa hari anda akan menguasainya. Jika saat ini anda belum bisa memimpin briefing, maka targetkanlah kapan anda akan melakukannya. Dengan target kerja yang anda buat, maka kerja anda akan lebih terarah dan bersemangat.

5. Berdo'a kepada Tuhan
Tetaplah dekat dengan Tuhan dan teruslah  berdo'a. Jika anda merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup anda, maka anda akan senantiasa berbahagia dalam hidup dan pekerjaan anda.

Itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan untuk sahabat Restofocus yang mungkin saat ini sedang bekerja sebagai seorang waiter dan waitress di restoran. Tetap semangat dan raih pencapaian yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Tips Bagi Waiter dan Waitress Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.