Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pengertian atau Definisi Resevation dan Function di Restoran

Banyak istilah di dunia restoran yang mencakup service, product, dan cleaning. Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah istilah dalam divisi service yaitu reservation dan function. Tentu kita sering mendengar kata-kata tersebut misalnya "hari ini ada  reservation?.." atau "hari ini ada function?..". Nah sebenarnya apa sih pengertian dari reservation dan function dalam lingkup restoran?

Jika dilihat dari bentuk penuliasannya, maka reservation dan function bisa dipastikan berasal dari bahasa Inggris. Saat saya mencoba mencari tau apa arti kata terjemahan dari "reservation" di Google Translate, kata terjemahan yang saya dapatkan adalah "reservasi". Kenapa demikian? ya, karena reservasi sudah menjadi sebuah kosa kata dalam bahasa Indonesia. Sedangkan untuk kata "function" kata terjemahan yang dihasilkan adalah "fungsi".



Jadi apa sebenarnya pengertian reservation atau reservasi dan function dalam ruang lingkup restoran?

1. Reservation
Reservation atau reservasi adalah pemesanan tempat duduk yang dilakukan oleh tamu atau pelanggan restoran baik dilakukan dengan datang langsung atau via telfon dan dilakukan saat ini atau hari sebelumnya. Reservasi bisa dihandle oleh marketing, head waiter, captain waiter, kasir, maupun waiter dan waitress yang mampu menghandle reservasi. Reservasi biasanya dilakukan oleh tamu untuk mendapatkan tempat duduk favorite yang diinginkan atau untuk suatu keperluan khusus misalnya acara ulang tahun, meeting atau rapat, dan lain sebagainya.

2. Function
Function adalah keselurahan acara pesanan tamu atau pelanggan  yang ada pada hari tersebut dan harus dilaksanakan pada hari tersebut. Function bisa mencakup reservasi atau pemesanan tempat yang ada  pada hari itu. Jadi function cakupannya jauh lebih luas daripada reservasi. Sedangkan reservasi hanyalah sebatas pada pemesanan tempat duduk saja.

Itulah pengertian atau definisi dari reservation dan function menurut hemat saya. Jika diantara pembaca  ada yang memiliki pendapat lain, silahkan berbagi dengan menuliskannya di kotak komentar. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top