5/05/2015

Kriteria Tenaga Marketing Restoran Yang Baik

Dias Akhmad  |  at  5/05/2015  |   |  No comments

Menjadi marketing di restoran akan sangat akrab dengan semua orang, mulai dari tour leader, sopir bus, sopir travel, pejabat instansi, hingga orang biasa. Marketing memanglah harus bisa menempatkan posisi dengan baik serta supel dalam bergaul, dan yang terpenting adalah tidak mudah tersinggung dan jutek atau judes. Jika ada dari tenaga marketing restoran yang jutek atau judes, maka kemungkinan besar telah terjadi kesalahan dalam proses rekrutmen karyawan untuk marketing. Intinya, marketing restoran jutek, adalah salah posisi. Dibutuhkan beberapa kriteria untuk menjadi tenaga marketing restoran yang baik.

Pernah mendengar statement ":the right man on the right place"? 
"Orang yang tepat berada pada posisi yang tepat", ini menggambarkan bahwa proses rekrutmen (recruitment) karyawan dan pengangkatan karyawan untuk menempati posisi jabatan tertentu adalah hal yang sangat penting. Apalagi jika kita melakukan rekrut untuk tenaga marketing.

Beberapa kriteria tenaga marketing restoran yang baik menurut saya adalah sebagai berikut :
1. Extrovert
Senang berada bersama banyak orang, senang bekerja secara tim, mudah bergaul dan lain-lain yang sifat nya membuka diri terhadap orang lain dan lingkungannya adalah ciri-ciri kepribadian seorang yang extrovert. Dan tipe kepribadian inilah yang cocok menjadi seorang marketing handal.

2. Good looking
Penampilan yang baik tidak selalu harus cantik atau tampan, namun good looking lebih mengena jika diartikan sebagai enak dipandang. Tentu saja harus rapi, bersih,dan pandai merawat diri sehingga ia menjadi pribadi yang menarik bagi orang lain.


3. Kreatif
Dunia ini di pimpin oleh orang-orang yang kreatif. Ia terus berusaha mencoba hal baru dan tidak mudah berpuas diri atas apa yang telah dicapai. Dalam jiwa yang kreatif biasanya berkobar semangat yang tak kunjung padam.

4. Konsisten dan gigih
Konsistensi dan kegigihan sangat dibutuhkan oleh seorang tenaga atau tim marketing restoran yang baik. Kita tau bahwa segalanya tidak selalu berjalan mulus.

5. Tidak mudah tersinggung dan tidak jutek
Ini penting!, dunia marketing dipenuhi banyak banyolan atau humor. Jika seorang yang mudah  tersinggung atau bahkan jutek menjadi tenaga marketing, maka ini tidak akan bagus untuk pekerjaan dan pencapaiannya.

6. Jujur dan taat beribadah kepada Tuhan
Kejujuran adalah hal utama yang dicari dalam diri semua orang. Sedangkan ketaatan beribadah kepada Tuhan akan memupuk rasa kejujurannya dari waktu ke waktu.

Itulah beberapa kriteria tenaga marketing restoran yang baik menurut hemat saya. Jika anda mempunyai pandangan lain atau ingin menambahkan kriteria yang menurut anda harus ada dalam diri tenaga marketing restoran, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Kriteria Tenaga Marketing Restoran Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.