Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Kasir Tetap dan Kasir Beck Up di Restoran

Dalam operasional restoran yang berhubungan dengan administrasi dan keuangan, dibutuhkan beberapa tenaga administrasi seperti accounting, checker, dan cashier atau kasir. Semuanya mempunyai fungsi dan tugas masing-masing. Khusus untuk kasir, ia merupakan tanaga administrasi sekaligus seorang frontliners atau garda depan yang setiap harinya harus berhadapan langsung dengan tamu atau pelanggan restoran. Tentu  jumlah kasir dalam satu restoran harus lebih dari satu orang, bahkan idealnya harus ada seseorang yang bisa mem-beck up tugas kasir jika suatu waktu kasir utama  atau kasir tetap sedang libur atau berhalangan hadir karena sakit atau hal lainnya. Dari hal inilah kemudian muncul gagasan akan adanya posisi kasir tetap atau kasir utama dan kasir beck up.

Apa yang dimaksud dengan kasir tetap dan kasir beck up?

Kasir tetap adalah karyawan yang memang diberikan tugas untuk menjadi kasir secara tetap. Sedangkan kasir beck up adalah karyawan yang diberikan tugas untuk menggantikan dan menghadle tugas-tugas kasir saat kasir tetap tidak ada. 

Kasir beck up biasanya sudah disiapkan sejak awal untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan tidak hadir nya kasir tetap yang akan menghambat berjalannya operasional restoran. Untuk itu, pelatihan untuk kasir beck up juga dilakukan sebaik mungkin agar nantinya kasir beck up bisa menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas kasir dengan baik saat kasir tetap tidak hadir. Namun dalam hal ini, kasir beck up harus mendapatkan pendampingan (pengawasan dan bimbingan) dari manager atau supervisor restoran selama ia bertugas agar tidak banyak terjadi kesalahan yang bisa menyebabkan kerugian atau bahkan complaint pelanggan. Jika nantinya kasir beck up semakin baik kinerjanya, maka pendampingan oleh manager atau supervisor bisa dikurangi secara bertahap sampai kesir beck up tersebut mandiri dalam melaksanakan tugas kasir.

Jika suatu waktu terjadi kekosongan posisi di kasir tetap, maka kasir beck up bisa dipromosikan menjadi kasir tetap dengan sebelumnya menyiapkan terlebih dahulu kasir beck up selanjutnya sebagai regenerasi kasir di restoran tersebut.

Demikian artikel tentang kasir tetap dan kasir beck up di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top