Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Fungsi Penting Salam atau Greeting Kepada Tamu Restoran

Mungkin masih banyak crew service di restoran yang mengganggap bahwa salam atau  greeting kepada tamu itu tidaklah terlalu penting, sehingga mereka mengabaikan salam kepada tamu dan lebih memilih mengerjakan aktifitas lain yang menurutnya lebih penting. Tentu kita memang harus tau tentang skala prioritas pekerjaan, namun demikian, salam atau greeting kepada tamu adalah salah satu dari step of service yang tidak boleh ditinggalkan. Lebih dari itu, sebenarnya salam atau greeting mempunyai fungsi yang sangat penting.

Apa saja fungsi penting salam atau greeting kepada tamu di restoran?
Berikut adalah beberapa fungsi penting salam atau greeting kepada tamu restoran :

1. Menunujukan bahwa tamu penting bagi kita
Apakah anda termasuk orang yang senang jika dianggap penting? jika ya, begitu juga dengan tamu. Siapapun ingin diperlakukan sebagai orang yang penting dan dihargai. Dengan kita berdiri standby dan mengucapkan salam saat kedatangan tamu di restoran kita, maka tamu akan merasa dipentingkan dan dihargai.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Greeting Seorang Waiter di Restoran

2. Menunjukan bahwa kita senang dengan kedatangan tamu
Sambutan salam atau greeting dari kita menunjukan bahwa kita sangat senang dengan kedatangan tamu tersebut di restoran kita. Sebaliknya jika kita malah cuek atau asyik menyapu lantai pada saat ada tamu restoran yang masuk, maka tamu akan merasa bahwa kita tidak begitu suka dengan kehadirannya. Saat seorang waiter sedang menyapu lantai dan mendapati ada tamu yang masuk ke restoran, maka berhentilah sejenak dari aktifitas menyapu dan hampirilah tamu tersebut dan sambut dengan salam atau greeting yang ramah. Hal ini menunjukan bahwa waiter senang dengan kedatangan tamu tersebut. Apalagi jika tamu tersebut adalah pelanggan rutin restoran yang selalu datang atau singgah di restoran tersebut.


3. Menunjukan bahwa kita siap menerima tamu
Dengan berdiri standby di dekat pintu masuk restoran, maka hal itu akan mencerminkan bahwa kita telah siap menerima dan melayani tamu yang ingin makan dan minum di restoran kita. Namun jika yang terjadi sebaliknya, misalnya waiter dan waitress sedang duduk dan asyik mengobrol saat tamu datang, bahkan sampai tidak tau jika ada tamu yang datang dan sudah masuk ke restoran karena asyik mengobrol, maka  sudah pasti citra pelayanan restoran akan menjadi buruk dalam penilaian tamu.

4. Menjalankan step of service secara utuh
Step of service atau prosedur pelayanan pastilah dimulai dari salam atau greeting kepada tamu atau pengunjung restoran yang datang. Jika salam atau greeting tidak dijalankan dengan baik, berarti step of service tidaklah dijalankan secara utuh dan baik.

Anda juga bisa membaca artikel : Langkah Pelayanan Standar di Restoran

Jika anda ingin memberikan pelayanan yang baik atau excelent service kepada semua konsumen restoran, maka jalankan lah semua step of service dengan baik termasuk secara konsisten memberikan salam atau greeting kepada tamu atau customer restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top