Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Fungsi Agenda Kerja Seorang Captain Waiter

Dalam menjalankan tugas sebagai seorang captain waiter di restoran, diperlukan sebuah program kerja (proker) yang baik. Untuk itu captain waiter membutuhkan adanya agenda kerja yang memuat tentang apa saja program kerja yang sedang dijalankan dan akan dijalankan berikutnya. Adanya agenda kerja akan membuat aktifitas pekerjaan captain waiter tersebut menjadi terarah dengan baik. Sederhananya agenda kerja itu mirip dengan jadwal mata pelajaran yang kita catat saat duduk dibangku sekolah dulu. Dengan jadwal mata pelajaran tersebut kita bisa selalu melakukan persiapan saat kita akan berangkat ke sekolah. Kita melakukan cek apa saja mata pelajaran yang ada pada hari tersebut, dan apakah ada PR atau tugas yang belum dikerjakan, serta apa saja yang harus dibawa ke sekolah sehubungan dengan mata pelajaran tersebut. Begitu juga dengan fungsi agenda kerja seorang captain waiter. Jadi Agenda kerja memegang peranan yang penting bagi seorang captain waiter.


Untuk kepentingan agenda kerja ini, maka disarankan seorang captain waiter untuk memiliki sebuah buku agenda kerja pribadi. Di buku agenda inilah captain waiter kemudian menuliskan agenda kerjanya baik yang bersifat jangka pendek maupun jangka panjang. Adapun fungsi penting agenda kerja bagi captain waiter adalah sebagai berikut :

1. Mencatat program kerja
Program kerja yang ditulisakan misalnya apa saja yang akan dilakukan hari ini, besok, lusa, atau bulan depan. Ini akan membantu captain waiter untuk memanfaatkan waktu kerjanya secara maksimal demi tercapainya program kerja divisi service, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan mencatat program kerja, seorang captain waiter bisa terbantu untuk selalu mengingat apa saja yang akan dilakukan sehingga pekerjaannya menjadi terarah dengan baik dan tidak asal bekerja.

2. Mencatat complaint customer 
Complant customer yang pernah terjadi adalah hal berharga yang patut dijadikan pelajaran. Jangan sampai kita melupakan begitu saja complaint yang pernah terjadi di restoran kita. Dengan mencatat kasus keluhan atau complaint pelanggan yang pernah terjadi, maka kita akan selalu termemori dan selalu melakukan antisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang kembali sekaligus kita juga bisa belajar apa solusinya.

Anda juga bisa membaca artikel : Konsumen yang Complaint adalah Calon Pelanggan Loyal yang Potensial

3. Mencatat adanya function
Adanya function atau pesanan customer harus diketahui oleh seorang captain waiter. Jangan sampai captain waiter tidak tau bahwa ada pesanan tamu pada hari H, sehingga ia dan crew service lainnya tidak melakukan  persiapan apa-apa. Pencatatan pesanan atau function memang biasanya sudah di catat di  papan atau white board pesanan marketing atau kitchen. Namun, jika sampai seorang captain waiter lupa akan adanya pesanan di hari tertentu, maka hal ini akan sangat berbahaya.Untuk itu sangat disarankan  bagi seorang captain waiter untuk mencatat adanya function atau pesanan di buku agenda nya.

4. Mencatat pelanggaran yang dilakukan crew service
Captain waiter adalah leader atau pemimpin bagian service yang salah satu tugasnya adalah melakukan evaluasi atas prestasi kerja crew service seperti waiter dan waiteress. Evaluasi tersebut dilakukan dengan melakukan penilaian kinerja crew service serta mencatat pelanggaran apa saja yang dilakukan crew service. Untuk selanjutnya, pelanggaran yang telah ditemukan dan dicatat, digunakan untuk melakukan evaluasi kinerja crew service. Captain waiter bisa memanggil setiap crew service yang melakukan pelanggaran untuk diberi tahu apa saja kesalahan yang dilakukan dan bagaimana seharusnya ia melakukannya dengan benar. Dengan adanya catatan pelanggaran yang dilakukan crew service, juga bisa dijadikan sebagai record atau riwayat kerja seorang crew service.

5. Mencatat memo
Agenda kerja juga bisa digunakan oleh captain service sebagai reminder atau pengingat akan memo-memo yang disampaikan oleh head service dan manager berkaitan dengan tugas-tugas nya di operasional service.

Demikian beberapa fungsi penting agenda kerja seorang captain w aiter di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top