--> Skip to main content

Excellent Service dan Peran Penting Waiter

Arti dari excellent service secara kamus adalah pelayanan yang unggul atau prima. Nah, kira-kira apa yang unggul, prima atau istimewa dari pelayanan di restoran kita?

Kita harus mencari jawaban dari pertanyaan tersebut untuk mengevalusi kualitas pelayanan di restoran kita. Excellent service juga bisa berarti "melampaui harapan". Misalnya saja tamu A datang ke restoran kita dengan harapan mendapatkan pelayanan dengan nilai 8. Dalam hal ini, excellent service berarti bagaimana kita bisa memberikan pelayanan ke tamu A dengan nilai antara 9 dan 10. Itulah hakikat paling sempurna dari excellent service.

Peran penting Waiter dalam pencapaian excellent service

Orang yang paling sering bersentuhan langsung dengan tamu adalah Waiter. Karena itu, peran waiter dalam tercapainya excellent service tentulah menjadi kunci utama. Jika pada suatu kasus, seorang tamu datang ke restoran kita dan mendapatkan rasa masakan yang lezat namun pelayanan dari waiter dinilai buruk, maka tidak ada excellent service yang terjadi. 


Untuk itu Waiter harus mendapatkan pembekalan yang baik dalam hal teknis dan non teknis demi kepuasan pelanggan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan Waiter demi pencapaian excellent service :

1. Product Knowledge
Waiter harus menguasai product knowledge meskipun ia tidak memasak di kitchen. Paling tidak, jika ia ditanyai oleh tamu tentang komposisi bahan suatu masakan, maka ia bisa menjelaskannya dengan baik.

2. Service Skill
Waiter harus menguasai bagaimana cara membawa tray atau nampan service dengan baik, harus tau bagaimana melakukan handling complaint tingkat ringan, harus tau bagaimana mempersiapkan meja buffet dan lain-lain.

3. Service Manner
Waiter juga harus menjunjung tinggi etika atau sopan santun saat melayani tamu atau pelanggan restoran. Begitu juga dengan sikap ramah yang tak boleh dilupakan..Perlakukanlah tamu restoran seperti kita menjamu teman baik kita.

Demikian artikel excellent service dan peran penting Waiter. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar