5/01/2015

CSR Restoran, Apa Itu?

Dias Akhmad  |  at  5/01/2015  |   |  No comments

Untuk  restoran yang sudah tumbuh besar, biasanya restoran tersebut telah memiliki tim marketing yang handal. Dan salah satu strategi marketing yang digunakan adalah CSR. CSR adalah singkatan dari company social responsibilty atau bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan sebagai bakti atau tanggung jawab sosial. Sesuai dengan namanya, maka CSR biasanya berupa kegiatan-kegiatan amal dan kemanusiaan. Sebagai contoh, saat terjadi letusan gunung merapi di jogjakarta beberapa tahun silam yang menyebabkan terjadinya hujan atau debu vulkanik di banyak kota di pulau jawa, banyak perusahaan yang mengirim tim marketingnya untuk turun ke jalan membagi-bagikan masker kepada para pengendara di jalan raya secara gratis.

CSR merupakan wujud kepedulian sebuah perusahaan terhadap masyarakat juga lingkungan. Ada beberapa restoran yang sudah sering melakukan kegiatan CSR. Dan kita juga harus tau bahwa CSR restoran ini sangat membantu dalam kegiatan promosi restoran. Seperti apa hal ini dilakukan?

Merujuk kepada contoh CSR yang saya sampaikan di awal artikel ini, Pada saat terjadinya letusan gunung yang menibulkan debu vulkanik yang bisa membahayakan keselamatan dan kesehatan pengendara mobil dan sepeda motor di jalan raya, maka tim marketing dari sebuah restoran di turunkan untuk membagi-bagikan masker gratis. Pada saat kegiatan ini dilakukan, tentu saja tim marketing yang terdiri dari beberapa orang ini mengenakan baju atau kaos dengan logo dan identitas restoran bersangkutan. Jadi sambil menyelam minum air - sambil melakukan kegiatan amal, juga bisa berpromosi. Bisa juga dengan membantangkan spanduk berisi slogan kepedulian dengan tetap menyertakan logo atau identitas restoran.

CSR bisa dilakukan dengan banyak cara misalnya dengan membagi-bagikan peta perjalanan gratis. Kita tau bahwa semua orang membutuhkan peta perjalanan. Memang saat ini ada GPS yang membantu orang dalam menentukan rute atau jalan yang tepat. Namun peta perjalanan yang baik tetap saja dibutuhkan. Nah, di peta perjalanan yang dibagikan tersebut, tim marketing restoran bisa menyisipkan denah dimana saja cabang restoran mereka bisa ditemui oleh pengendara yang sedang melakukan perjalanan. Jadi alih-alih mereka bingung menentukan dimana mereka akan bersantap, mereka sudah menemukan sugesti atau saran dimana rumah makan atau restoran yang akan mereka singgahi berikut rute jalannya secara tepat.


CSR juga bisa dilakukan dengan cara menyumbangkan hewan kurban pada saat hari raya `Idul Adha misalnya. CSR juga bisa dilakukan dengan mengumpulkan sepatu dan pakaian bekas karyawan yang masih layak pakai untuk membantu korban banjir atau musibah lainnya di daerah atau tempat lain yang membutuhkan. CSR juga bisa dilakukan dengan membagi-bagikan bibit tanaman gratis untuk menanggulangi pemanasan global atau global warming.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Marketing di Restoran

Jadi banyak hal yang bisa dilakukan dengan CSR restoran. Namun yang harus kita ingat adalah, boleh saja kita berpromosi saat CSR, tapi niat ikhlas, kesungguhan membantu, dan kepedulian adalah yang utama. Semoga bermanfaat.

CSR Restoran, Apa Itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.