--> Skip to main content

Cara Mengurangi Lost and Break Peralatan Service

Banyaknya peralatan service yang hilang (lost), pecah (break), atau rusak akan menyebabkan terganggunya operasional restoran. Untuk itu perlu selalu diadakan pendataan atau penghitungan jumlah inventaris service atau peralatan service yang ada seperti berapa jumlah piring, sendok, garpu, gelas, dan lainnya. 

Jika sampai kita tidak tau jumlah peralatan service yang ada, maka bisa jadi kita akan mengalami kesulitan saat operasional karena kurangnya peralatan service. Selain mengadakan pendataan secara berkala berapa jumlah peralatan service yang ada, perlu juga dilakukan cara-cara tertentu agar bisa mengurangi lost and break peralatan service.

Berikut adalah beberapa cara mengurangi lost and break inventaris atau peralatan service :

1. Hati-hati saat membuang sampah clear up
Seringkali peralatan service seperti sendok dan sauce bowl terbuang ke tempat sampah saat melakukan clear up. Cek dengan teliti saat clear up agar jangan sampai ada sendok, dinner knife atau peralatan saji lain yang terbuang bersama sampah.


2. Hati-hati saat membuang air dishwasher
Sering juga terjadi sendok yang hanyut bersama air cucian yang dibuang dari dishwasher, maka tidak aneh jika kemudian ada pipa yang tersumbat dan ditemukan sendok atau garpu di dalamnya.

3. Hati-hati saat mencuci gelas dan piring
Banyak gelas dan piring yang pecah saat proses pencucian  di diswasher. Steward harus sangat hati-hati. Cepat bukan berarti tidak hati-hati dan hati-hati bukan berarti lambat. Sangat disarankan untuk melapisi sink atau bak cuci yang terbuat dari besi atau keramik dengan karet. Karet yang terpasang bisa melindungi piring dan gelas dari benturan keras yang bisa membuat gelas atau piring menjadi pecah.

4. Hati-hati saat membawa makanan dan minuman dengan menggunakan tray
Waiter yang sudah senior tentu tidak akan kesulitan dalam membawa makanan atau minuman dengan menggunkan tray atau nampan service dengan satu tangan. Namun bagaimana dengan waiter yang masih junior? hati-hati adalah jawabannya. Jika belum bisa membawa tray dengan satu tangan, maka disarankan untuk melakukan pekerjaan lain dulu. Sembari itu, teruslah belajar membawa tray dengan baik.

5. Miliki sense of belonging
Sense of belonging atau rasa memiliki adalah senjata ampuh dalam diri kita agar senantiasa berhati-hati dalam bekerja karena kita sadar bahwa properti atau peralatan yang ada di restoran adalah alat kerja kita yang patut kita jaga dengan baik. Jika sense of belonging karyawan telah tumbuh, maka karyawan akan bekerja dengan baik dan menjaga semua peralatan dengan baik.

Demikian artikel tentang cara mengurangi lost and break peralatan service. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar