--> Skip to main content

Cara Mencegah Kecurangan Supervisor

Penyimpangan administratif bisa dilakukan oleh siapa pun bahkan juga termasuk oleh Supervisor sebagai pemimpin di restoran yang kita percayai untuk menjalankan dan mengawasi operasional restoran. Banyak contoh kasus yang sudah terjadi di mana oknum Supervisor sebagai wakil pengusaha di restoran malah dengan sengaja melakukan kecurangan yang merugikan pengusaha restoran.

Untuk itu sebagai pengusaha, kita harus menutup berbagai celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang berniat tidak baik tersebut untuk mencegahnya melakukan kecurangan.


Apa saja yang bisa kita upayakan untuk mencegah terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh seorang Supervisor? saya akan mencoba menuliskannya untuk pembaca Restofocus.Com.

Berikut adalah beberapa cara mencegah kecurangan Supervisor di restoran :

1. Sistem rekrut dan promosi Supervisor yang baik
Jika kita melakukan rekrut Supervisor dari pelamar kerja atau karyawan baru, maka pastikan bahwa karyawan yang kita pilih memiliki karakter positif. Pilihlah karyawan yang benar-benar Anda nilai jujur dan memiliki karakter positif. Hal ini memang sulit karena kita baru mengenalnya dan harus mengambil keputusan. Namun kita bisa mengetahui indikasi jujur atau tidak nya seseorang selama proses interview yang baik.

Lain halnya jika kita mempromosikan seseorang dari karyawan yang sudah ada atau dari internal, kita telah cukup mengenal apa saja kekurangan dan kelebihan karyawan tersebut dari hanya sekedar menimbang dan menebak kepribadian seseorang seperti dalam sesi interview.

Jadi, mempromosikan karyawan yang sudah ada untuk dijadikan sebagai Supervisor adalah lebih direkomendasikan daripada kita melakukan rekrut Supervisor dari pelamar kerja atau orang baru. Namun demikian, kemampuan karyawan tetap harus diperhitungkan. 

2. Miliki Kasir senior yang bisa dipercaya
Kasir memiliki peran penting dalam sirkulasi uang dan pencatatan administrasinya. Untuk itu kita harus upayakan memiliki setidaknya satu orang Kasir senior di semua cabang restoran kita. Hal ini untuk menghindari terjadinya tekanan dari supervisor kepada Kasir untuk melakukan penyimpangan administratif.

Sebagai contoh kasus, suatu hari ada seorang oknum Supervisor, sebuat saja B yang dengan sengaja mengubah nota gas Elpiji dari 1 buah menjadi 2 buah dan hal ini diketahui oleh sang Kasir. Maka Kasir senior tersebut bisa memberikan informasi kepada menagement restoran.

Dengan demikian, maka kecurangan Supervisor bisa dibongkar. Untuk itu, kita harus menaruh perhatian lebih jika ada di suatu cabang restoran, ada Supervisor yang ingin memutasikan atau memindahkan Kasir senior yang kita percayai.

Namun tetaplah objektif, dalam bisnis kita tetap tidak dianjurkan percaya 100 % kepada siapapun karena kita tau bahwa kebaikan dan kejahatan akan terus ada selama kita hidup di dunia ini.

3. Aktifkan audit administrasi
Dengan menugaskan audit administrasi, maka kejanggalan yang mengarah kepada kecurangan administrasi bisa dicegah. Auditor akan memberikan informasi secara akurat dengan data yang valid kepada kita jika ditemukan adanya pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan baik oleh Supervisor maupun Kasir.

Pemeriksaan kelengkapan nota atau bon, tanda terima, dan lainnya akan digunakan oleh auditor dalam menangani dan mencegah kecurangan yang dilakukan Supervisor maupun Kasir.

Demikian cara mencegah kecurangan Supervisor yang bisa Anda terapkan di restoran anda. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar