5/10/2015

Cara Memperkuat Brand Restoran

Dias Akhmad  |  at  5/10/2015  |   |  No comments

Brand atau merek dagang suatu restoran adalah salah satu senjata marketing yang sangat ampuh dalam mendapatkan konsumen, sponsor, atau bahkan mitra bisnis melalui sistem waralaba atau franchise restoran. Lebih daripada itu, brand yang baik juga bisa membuat orang bersedia membayar lebih mahal untuk product atau menu yang sama di restoran lain. Sebagai contoh, di restoran kecil, harga satu porsi nasi putih mungkin hanya sekitar Rp. 4.500,- sampai dengan Rp. 5.000,-, namun di restoran besar yang telah mempunyai brand yang dikenal luas masyarakat, 1 porsi nasi putih bisa dihargai Rp. 9000,- atau lebih dan orang dengan senang hati membelinya. Nah, bagaimana dengan brand restoran anda? bagaimana cara memperkuat brand restoran anda? mari teruskan membaca artikel ini.


Brand restoran bisa dibentuk dan diperkuat melalui beberapa cara sebagai berikut :

1. Buat logo dan patenkan logo restoran anda
Buatlah sebuah logo untuk usaha restoran anda. Buatlah logo sebaik mungkin yang mencerminkan usaha restoran anda. Pertimbangkan dengan baik bentuk logo, warna, dan semboyan usaha anda jika ada. Anda bisa men-design-nya sendiri atau dengan bantuan orang lain. Jika anda sudah merasa cocok dengan suatu logo yang akan anda jadikan sebagai logo restoran anda, maka segeralah untuk mem-paten-kan logo tersebut agar tidak dipakai oleh orang lain.

2. Perkenalkan logo  restoran anda
Hal selanjutnya adalah memperkenalkan kepada publik atau masyarakat mengenai logo restoran anda. Hal paling sederhana adalah dengan memasang billboard di depan restoran anda yang berisi logo restoran, nama restoran, dan foto menu restoran sehingga setiap orang yang singgah makan atau hanya lewat di depan restoran anda akan melihat dan membacanya.

3. Excelent service
Excelent service bisa diartikan dengan memberikan angka 10 bagi konsumen yang datang ke restoran kita dengan mengharapkan nilai 8. Atau lebih singkatnya "melampaui harapan" konsumen mengenai pelayanan yang kita berikan. Brand restoran sudah mulai dibangun pada tahap ini, dimana pelanggan yang puas akan menceritakan restoran kita kepada teman atau orang lain di sekitarnya. Dan hal paling kecil yang mungkin disampaikannya adalah "nama" restoran kita. Dari nama restoran kita yang diceritakan inilah brand  restoran sedang menjalani fase pembentukan awal.

4. Mengikuti acara bazar
Ikutilah beragam acara bazar yang diadakan di daerah dimana restoran anda berada. Ingat, hal terpenting dari mengikuti bazar adalah untuk memperkenalkan brand restoran anda, untuk itu berikanlah pelayanan dan menu yang berkualitas baik daripada hanya mengejar keuntungan lewat bazar.  Saya menyarankan anda untuk mengikuti bazar di daerah restoran anda berlokasi minimal sebanyak 3 kali. Ingat, pasanglah banner yang memuat logo dan nama restoran anda di lokasi bazar tersebut untuk diperkenalkan kepada masyarakat.

5. Pasang roadsign
Roadsign adalah papan iklan restoran yang dipajang di sepanjang jalan raya menuju restoran. Anda bisa menampilkan pesan lalu lintas, pesan moral, dan menu makanan favorite di restoran anda dengan tetap menyertakan logo restoran anda. Ingat, jangan hanya menampilkan promo discount besar di restoran anda melalui roadsign karena orang sudah mulai bosan dan curiga dengan promosi discount yang besar. Semakin banyak orang yang melihat roadsign milik restoran anda, maka logo dan nama restoran anda akan semakin banyak dikenal dan diingat banyak orang. Untuk pemasangan roadsign atau papan iklan di pinggir jalan, anda memerlukan izin dari dinas atau badan terkait.

6.Buatlah website resmi restoran
Buatlah sebuah website resmi untuk restoran anda dimana orang bisa dalam 24 jam mengakses website  restoran anda kapanpun dan dimanapun. Buatlah profile restoran anda lengkap dengan logo restoran, nama restoran, visi dan misi restoran, sejarah restoran, dan lainnya sebaik mungkin. Gunakan template website yang responsive karena saat ini banyak pengguna internet yang memakai media smartphone, tablet, dan i pad. Pastikan bahwa user atau netizen bisa mengakses website restoran anda dengan baik. Website yang baik akan memberikan citra yang baik dimata konsumen dan netizen yang selanjutnya akan memperkuat brand restoran anda.

7. Konsisten
Konsistenlah dengan pelayanan restoran anda dan segala hal yang akan memperkuat brand restoran anda. Konsistenlah dalam membangun website, memasang roadsign, dan mengikuti bazar. Jika hal ini anda lakukan secara konsisten maka secara perlahan namun pasti, brand restoran anda akan menjadi brand yang besar dan dikenal banyak orang.

Demikian beberapa cara dalam memperkuat brand restoran yang bisa anda terapkan untuk restoran anda. Semoga bermanfaat

Cara Memperkuat Brand Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.