5/06/2015

Cara Membuat Karyawan Restoran Menjadi Komunikatif

Dias Akhmad  |  at  5/06/2015  |   |  No comments

Menjadi karyawan restoran, apalagi bagi yang bertugas sebagai frontliners seperti waiter, waitress, dan cashier haruslah orang-orang yang komunikatif. Komunikatif artinya mampu berkomunikasi dengan baik sehingga apa  yang disampaikan melalui komunikasi tersebut dapat tersampaikan dengan tepat. Komunikatif sendiri adalah suatu skill atau keahlian yang sebenarnya bisa dipelajari. Banyak orang yang dahulunya pemalu dan tak pandai berkomuniksi, namun dengan kemauan keras, latihan, dan  terus belajar,  ia kemudian bahkan bisa menjadi seorang motivator hebat yang sangat komunikatif dan berpengaruh. Tentu semua membutuhkan sarana dan latihan. Lalu bagaimana cara membuat karyawan restoran menjadi komunikatif? 

Salah satu sarana latihan yang tepat bagi karyawan untuk melatih skill komunikasi nya adalah di dalam forum briefing. Di dalam forum briefing, setiap karyawan dituntut untuk menyampaikan pendapat, mengutarakan sebuah pertanyaan, memberikan laporan, dan lain sebagainya. Untuk itu jika saat ini di restoran tempat anda bekerja sudah terbiasa mengadakan briefing bersama, maka buatlah briefing itu hidup dengan meminta semua karyawan untuk tidak hanya menjadi pendengar yang baik saat leader mereka berbicara di forum briefing. Caranya adalah dengan meminta masing-masing karyawan untuk memberikan laporan mengenai kondisi station atau divisinya. Misalnya saja mengenai seberapa jauh persiapan mereka, bahan baku apa saja yang kosong, apa saja kendala yang mereka temui, bagaimana kesiapan modal dan uang recehan atau uang tukaran cashier, dan lain sebagainya. Hal seperti ini dimaksudkan untuk membiasakan karyawan menjadi aktif berkomunikasi dan tidak malu atau ragu menyampaikan sesuatu. Mungkin pada awalnya karyawan akan merasa canggung dan takut ditertawakan teman karyawan lainnya. Disini lah tugas kita untuk mempupuk kepercayaan diri karyawan dengan memuji keberanian seorang karyawan untuk berbicara dan tidak mentertawakan kesalahan bicara seorang karyawan serta melarang karyawan lain untuk mencela siapapun yang salah bicara.



Selain  fourm briefing, kita juga bisa membuat karyawan menjadi komunikatif dengan cara sering mengajak setiap karyawan berbicara secara empat mata dan kita  berikan motivasi dan pemahaman betapa pentingnya komunikasi. Dengan motivasi yang kita berikan secara teratur, karyawan akan bisa lebih percaya diri. Dan ini sangat bagus dalam dunia jasa atau pelayanan seperti restoran.

Khusus untuk garda depan seperti supervisor, captain waiter, waiter, waitress, dan cashier, komunikatif adalah hal yang mutlak dibutuhkan. Tidak cocok bagi karyawan yang memiliki sifat pendiam dan tertutup untuk berada di barisan service.Untuk itu, pemilihan personil service di restoran tidak hanya mencari yang wajahnya cantik atau tampan, tapi juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik atau komunikatif.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat karyawan restoran menjadi komunikatif adalah dengan menugaskan karyawan menjadi pembawa acara briefing secara bergantian. Tentu saja akan banyak karyawan yang pada awalnya menolak karena malu atau berkata "saya tidak bisa". Tapi kita lah yang bisa mendorong mereka untuk berhanti mengatakan "saya tidak bisa" dan menggantinya dengan kata-kata "saya pasti bisa".

Dengan menjadi pembawa acara briefing, maka setiap karyawan akan belajar merangkai kata dengan baik. Tentu saja kita akan memberikan contoh nya lebih dulu. Dan juga sambil membimbing karyawan yang tengah belajar memimpin acara briefing dengan kita berdiri disampingnya untuk memberikan bantuan jika ia berhenti bicara karena  tidak menemukan kata-kata selanjutnya.

Dengan mewajibkan setiap karyawan untuk secara bergantian menjadi pempimpin acara briefing, maka karyawan yang lain pun akan mempersiapkan diri mereka. Terkadang keadaan yang memaksa bisa membuat seseorang mendapatkan kekuatannya yang terpendam. 

Perlu kesabaran dalam melatih dan membuat karyawan restoran kita menjadi orang-orang yang komunikatif, namun jika kita berhasil membuat mereka menjadi komunikatif, maka kita telah berhasil membuat restoran kita dipegang oleh  orang-orang professional yang komunikatif dan juga telah berhasil membuat orang lain menjadi lebih baik. Dan kesuksesan kita yang sesungguhnya adalah ketika kita berhasil membuat orang lain mampu mencapai apa yang tidak ia raih sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Ali Osman Gülşen

Cara Membuat Karyawan Restoran Menjadi Komunikatif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.