Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Membersihkan Freezer dari Bunga Es dengan Benar

Freezer yang berfungsi sebagai alat penyimpanan bahan baku produksi terutama daging dan ice cream harus selalu kita jaga kebersihannya, jika tidak, maka bahan baku produksi bisa rusak atau terkontaminasi bau tidak sedap yang muncul karena freezer lama tidak dibersihkan. Salah satu hal yang sering terjadi pada freezer yang lama digunakan ialah muncul atau terbentuknya bunga-bunga es  pada lapisan bagian dalam freezer. Bunga es yang telah melapisi bagian dalam freezer akan membuat suhu dingin freezer berkurang yang bisa mengakibatkan bahan baku seperti daging ayam akan bisa membiru karena suhu yang kurang dingin  Lalu bagaimana cara membersihkan freezer dari bunga es dengan benar?

Berikut adalah cara membersihkan freezer dari bunga es dengan benar :

1. Kosongkan freezer
Ambil semua bahan baku yang disimpan dalam freezer untuk memudahkan pembersihan bunga es. Jika di kicthen restoran anda memiliki lebih dari satu buah freezer, maka pindahkanlah bahan baku seperti daging atau ice cream ke freezer yang lainnya agar tidak terjadi penurunan kualitas atau kerusakan bahan baku produksii. Jika nantinya pembersihan freezer selesai dilakukan, bahan baku tersebut bisa dipindahkan kembali.


2. Matikan freezer dan cabut kabel power pada stop contact listrik
Jangan melakukan pembersihan freezer dalam kondisi freezer hidup. Ingat, matikan freezer sebelum dibersihkan dan putuskan arus listrik yang mengalir ke freezer dengan mencabut kabel power yang terhubung dengan stop contact atau colokan listrik.

3. Siram bunga es pada freezer dengan menggunakan air panas
Bukalah terlebih dahulu pintu freezer. Kemudian siramkanlah air panas ke seluruh lapisan bagian dalam freezer  yang dilapisi bunga es yang tebal tersebut. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati. Ingat, air panas bisa melukai kita. Jika air panas yang kita siramkan telah cukup banyak atau setidaknya telah mengisi bagian dalam freezer setinggi 5 cm, maka tutuplah pintu freezer dan biarkan selama 20 sampai dengan 30 menit.

Jika freezer di restoran anda memiliki sistem defrost, maka langkah terbaik adalah dengan mengaktifkan mode defrost. Mode defrost adalah sistem pemanasan yang dilakukan oleh mesin freezer untuk mengikis habis gumpalan es atau bunga es yang ada pada lapisan dalam freezer. Mode defrost sangat membantu dalam menangani bunga es pada freezer.

Hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari pemakaian benda-benda tajam seperti pisau atau garpu untuk mencongkel bunga es yang melapisi bagian dalam freezer. Hal ini bisa mengakibatkan lapisan dalam atau disebut evaporator menjadi rusak, robek, atau bocor. Jika kebocoran terjadi, maka suhu dingin tidak bisa dihasilkan karena gas refrigerant yang dialirkan untuk menghasilkan suhu dingin menjadi keluar dan terbuang begitu saja. Jadi meskipun freon (bahan pendingin) pada freezer masih penuh, jika lapisan bagian dalam freezer bocor karena robek akibat penggunaan benda tajam, maka freezer tidak bisa dingin.

Anda juga bisa membaca artikel : Berapa Suhu Dingin Terbaik untuk Ice Cream

Demikian cara membersihkan freezer dari bunga es dengan benar. Jika pembersihan bunga es dilakukan dengan benar dan teratur, maka kondisi dan fungsi freezer bisa terus optimal. Namun tentu perawatan lain untuk freezer juga harus diperhatikan seperti pengisian ulang freon. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top