Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Kerja Kasir Restoran

Saya menulis artikel untuk memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana cara kerja seorang kasir di restoran. Mengenai tugas atau job description kasir restoran telah saya tulis di artikel sebelumnya. Anda bisa mencari artikel tersebut di kategori artikel job description. Artikel ini berguna bagi anda yang mungkin ingin menjadi seorang kasir restoran atau ingin mengetahui secara sekilas bagaimana cara kerja kasir di restoran.

Bagaimana cara kerja kasir di restoran?

Pada prinsipnya, kasir bekerja dengan melakukan transaksi dengan customer serta melakukan pencatatan administrasi restoran. Banyak hal yang harus diperhatikan karena kasir merupakan pintu keluar masuknya uang di restoran.

Ada 3 jenis transaksi yang dilakukan oleh kasir di restoran yaitu :

1.  Transaksi reguler
Transaksi ini adalah transaksi biasa dimana kasir menerima order pesanan dari waiter dan bukan langsung dengan tamu. Jadi, kasir menerima order atau pesanan tamu dari waiter yang dilakukan baik secara manual maupun secara online. Contoh yang dilakukan secara manual adalah dimana waiter mendatangi kasir dengan membawa bill pesanan tamu dan memberikannya kepada kasir untuk di input oleh kasir ke mesin kasir. Sedangkan contoh secara online adalah dimana waiter melakukan input data pesanan tamu pada IPAD dengan sistem wireless atau komputer dengan sistem LAN dimana data pesanan kemudian ditransfer ke mesin kasir. Dari  data inilah kemudian kasir melakukan transaksi.

2. Transaksi take away
Take away artinya pesan bungkus. Khusus untuk transaksi take away, tamu atau konsumen diarahkan langsung ke kasir untuk memesan menu sekaligus melakukan transaksi pembayaran. Jadi dalam hal ini tidak ada perantaraan melalui waiter.

3. Transaksi pesanan
Pada transaksi pesanan, yang dicatat oleh kasir adalah jumlah banyaknya pesananan, hari dibuatnya pesanan, nama pemesan, alamat dan nomor telfon pemesan, dan down payment atau DP jika ada. Dalam transaksi pesanan tidak secara langsung di input ke dalam komputer kasir melainkan hanya di catat saja di buku pesanan.

Sudah punya sedikit gambaran tentang cara kerja kasir di restoran? Jika masih ada yang belum dipahami atau ingin bertanya, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top