4/30/2015

Cara Agar Hasil Meeting Leader Dapat Terlaksana Dengan Baik

Dias Akhmad  |  at  4/30/2015  |   |  No comments

Untuk membahas masalah-masalah yang sangat penting berkaitan dengan operasional restoran, biasanya akan diadakan meeting dengan mengundang semua leader atau pempimpin setiap cabang restoran. Dengan diadakannya meeting leader maka semua leader seperti supervisor, captain waiter, atau chief cook bisa dipertemukan dalam satu forum untuk mendiskusikan segala sesuatunya dalam meeting tersebut. Namun yang menjadi masalah adalah sering kali apa  yang sudah dibahas dan diputuskan dalam meeting leader tidak terlaksana seperti yang diharapkan, bahkan anehnya lagi, ada yang mempunyai kesimpulan berbeda mengenai hasil meeting sehingga pelaksanaannya menjadi berbeda. Untuk itu kita harus mencari cara agar hasil meeting leader yang sudah diputuskan dapat terlaksana dengan baik.



Berikut adalah beberapa cara agar hasil meeting leader dapat terlaksana dengan baik :

1. Buat Notulen Meeting
Saat meeting akan dimulai, tunjuklah satu orang sebagai pencatat atau notulen meeting. Sehingga apa saja yang diputuskan dalam meeting tidak ada yang terlupakan atau tidak tercatat. Pilihlah seorang notulen meeting yang mampu membuat kesimpulan dengan baik sehingga apa yang dicatatnya adalah benar-benar merupakan hasil putusan yang mudah dicerna atau dipahami semua peserta meeting.

2. Bacakan hasil meeting di akhir acara meeting
Pada saat meeting akan ditutup dengan do`a atau salam, bacakanlah lebih dulu apa saja hasil keputusan yang sudah dicatat oleh notule meeting. Sehingga semua peserta meeting menangkap dengan jelas apa saja point penting dari hasil meeting tersebut.

3. Kirimkan notulen meeting ke semua cabang restoran
Tidak semua peserta meeting mengerti apa yang sudah disampaikan dalam meeting. Bahkan ada juga peserta meeting dalam hal ini leader yang lupa menyampaikan kepada tim nya di cabang restoran dimana ia ditempatkan mengenai hasil meetingnya. Kalau sudah begini, jangankan melaksanakan hasil meeting, apa keputusan dari hasil meetingnya saja tim di cabang tidak mengetahuinya karena leader dengan sengaja atau lupa menyampaikannya kepada tim nya di cabang. Untuk itu, notulen meeting tetap harus dikirim ke semua cabang restoran untuk memastikan semuanya terinformasikan dengan baik mengenai apa saja hasil keputusan meeting.

4. Cek kemajuan atau progress pelaksanaan
Manager operasional harus turun berkeliling ke semua cabang restoran untuk mengecek sejauh mana hasil meeting sudah dilaksanakan. Jangan percaya pada hanya sekedar laporan, atau perbincangan lewat telfon. Cek lah dengan mata kaki anda, maksudnya adalah pastikan dengan cara melihatnya secara langsung ke lokasi.

5. Bacakan hasil meeting kemarin pada meeting berikutnya
Jika kemudian managemant restoran berencana mengadakan meeting di bulan selanjutnya, maka jangan lupa untuk membacakan hasil putusan meeting bulan kemarin pada saat berlangsungnya meeting berikutnya. Ini dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana pelaksanaan hasil meeting dan apa saja yang sudah dan belum dilaksanakan.

Itulah beberapa cara agar hasil meeting leader dapat terlaksana dengan baik dan tidak menjadi hanya sekedar catatan-catatan di kertas saja. Doronglah semua leader di store  atau cabang restoran untuk terus melakukan perbaikan atas pencapaian yang sudah dilakukan dalam melaksanaan hasil meeting leader restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Agar Hasil Meeting Leader Dapat Terlaksana Dengan Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.