5/24/2015

3 Peran Penting Kasir Restoran

Dias Akhmad  |  at  5/24/2015  |   |  2 comments

Selain melakukan transaksi dengan konsumen atau tamu restoran setiap hari, seorang kasir restoran sebenarnya memiliki peran yang sangat penting. Itulah kenapa pemilihan atau recruitment petugas kasir harus sangat hati-hati. Seorang kasir utamanya adalah seorang yang memiliki sifat jujur dan rasa tanggung jawab yang besar. Hal ini berkaitan dengan peran penting seorang kasir di restoran. Apa saja peran penting kasir restoran yang saya maksud dalam judul artikel ini? mari simak lebih lanjut.

3 hal yang merupakan peran penting seorang kasir di restoran :

1. Salah satu ujung tombak penjualan
Selain divisi marketing yang memang secara khusus difungsikan untuk mendatangkan tamu dan meningkatkan penjualan atau omset restoran, seorang kasir juga memiliki fungsi yang sama dalam hal penjualan. Kasir mempunyai banyak moment dimana ia bisa berinteraksi dengan konsumen dan menawarkan menu-menu favorite restoran. Untuk itu seorang kasir haruslah komunikatif dan agresif dalam menawarkan menu-menu restoran namun tetap penuh sopan santun.

2. Menjadi citra restoran
Seorang kasir lebih mudah diingat konsumen atau tamu restoran daripada waiter restoran. Kasir restoran selalu diperhatikan cara kerjanya, penampilan, dan sikapnya oleh konsumen. Alhasil, seorang kasir bisa memberikan citra yang positif atau negatif terhadap restoran dimana ia bekerja. Berusahalah untuk selalu tampil menarik, penuh antusias dalam menyambut dan melayani tamu restoran. Satu hal lagi, jangan lupakan keramah tamahan kepada tamu atau konsumen restoran.


3. Kepercayaan management restoran
Kasir restoran biasanya adalah orang yang dipercaya oleh management restoran dalam melindungi aset restoran. Seorang kasir bisa memberikan input atau laporan penyelewengan administrasi yang dilakukan oleh karyawan restoran lainnya kepada management restoran. Namun, juga perlu diingat, jika kemudian orang yang diberi kepercayaan tersebut yang malah melakukan penyimpangan, maka tidak akan ada lagi kepercayaan itu. Kasir merupakan pintu keluar masuknya uang, untuk itu seorang kasir harus sangat teliti dalam melakukan transaksi. Dalam hal mengeluarkan uang, seorang kasir juga harus selalu meminta nota bukti pengeluaran.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Kerja Kasir di Restoran

Demikian artikel 3 peran penting kasir di restoran. Semoga bermanfaat.

3 Peran Penting Kasir Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

2 komentar

Terima kasih kunjungan dan apresiasi untuk artikelnya mba Alveey Rasheeda. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.