Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

3 Hal Penting Mengenai Kualitas Menu

Kualitas menu adalah salah satu dari hal utama selain service dan kebersihan restoran yang harus dijaga dengan baik. Jika bicara tentang restoran, maka sudah pasti orang akan mengingat tentang makanan dan minuman.  Nah, karena yang dijual adalah menu makanan dan minuman, kita harus menjaga kualitas menu di restoran kita dengan baik. Bicara mengenai kualitas menu, maka ada 3 hal penting yang harus selalu diperhatikan oleh para pengusaha di bidang restoran terutama oleh para kokinya. Apa saja 3 hal penting mengenai kualitas menu tersebut ?

Berikut adalah 3 hal penting mengenai kualitas menu :

1. Rasa
Jangan sampai kualitas rasa menu turun sedikitpun. Jika harga bahan baku mahal, maka langkah terbaik adalah menaikan harga menu atau memperkecil porsi menu dengan harga yang sama. Tidak direkomendasikan sama sekali untuk mengurangi komposisi atau bumbu dari suatu resep menu yang dapat menurunkan cita rasa atau kelezatan menu.


2. Kebersihan
Kualitas menu tidak bisa dipisahkan dari kebersihan. Siapakah yang mau memakan makanan yang di dalamnya terdapat lalat atau ulat atau rambut meskipun makanannya sangat enak?. Menjaga kebersihan (hygiene) adalah hal yang sangat penting. Konsumen tidak hanya menginginkan menu dengan rasa yang enak saja tapi juga makanan yang aman bagi kesehatan mereka.

3. Standar penyajian
Rasa yang enak serta hygiene juga tidak cukup jika standart  penyajian menu nya tidak diperhatikan dengan baik. Misalnya saja porsi menu yang terlalu banyak hingga tak termakan dan membuat konsumen dengan melihat porsinya saja sudah merasa kenyang duluan. Atau terlalu sedikit atau tanpa garnish yang berfungsi mempercantik tampilan menu.

Anda juga bisa membaca artikel : Definisi Garnish dan Fungsi Garnish Pada Penyajian Menu

Dengan menjaga dengan baik rasa, kebersihan, dan standar penyajian menu, maka kualitas menu bisa terjaga dengan baik. Khusus dalam peluncuran menu baru, konsumen akan memberikan penialaian kepada sebuah restoran selama 3 bulan. Jika dalam 3 bulan sebuah restoran bisa menjaga kualitas menu nya dengan konsistem, maka restoran tersebut telah sukses merebut hati konsumen. Namun jika dalam 1 atau 2 bulan saja kualitas menu sudah menurun, maka tidak heran jika restoran tersebut akan ditinggalkan. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top