4/25/2015

Waktu Tepat Bagi Karyawan Restoran Untuk Makan

Dias Akhmad  |  at  4/25/2015  |   |  No comments

Artikel yang saya tulis kali ini sebenarnya adalah hal yang sangat sederhana. Saya yakin sebenarnya semua orang yang pernah menjadi karyawan sebuah perusahaan tau kapan waktu yang tepat untuk makan yaitu pada jam istirahat antara jam 12.00 sampai dengan 13.00. Nah, masalahnya adalah di restoran pada umumnya tidak ada jam istirahat khusus seperti di kantor atau pabrik. Untuk karyawan yang bekerja di kantor atau pabrik, jika waktu sudah menunjukan jam 12.00, itu berarti mereka secara otomatis berhenti bekerja dan kemudian beristirahat bersama-sama  untuk makan, sholat, atau melakukan hal lainnya. Tapi di restoran, jika semua karyawan di suatu restoran beristirahat atau makan dan sholat bersama-sama pada jam 12.00 sampai dengan jam 13..00 seperti di kantor atau pabrik, maka siapa yang akan melayani dan memasakan menu untuk tamu yang datang mau makan dan minum di restoran tersebut?

Ya, di restoran, crew atau karyawan restoran tidak bisa makan berbarengan dengan waktu makan siang. Ini dikarenakan, crew restoran harus melayani tamu yang ramai datang ke restoran untuk makan dan minum pada jam makan siang. Jadi kapan waktu yang tepat bagi karyawan restoran untuk makan?



Jawabannya adalah pada saat merasa sudah cukup lapar dan kondisinya memungkinkan. Biasanya di restoran waktu yang diberikan untuk makan dan sholat adalah sekitar 30 menit. Ini dikarenakan bekerja di restoran dan bekerja di pabrik atau kantor sangatlah berbeda. Dalam hal ini, crew yang ingin makan atau sholat harus selalu konfirmasi kepada supervisor atau captain waiter agar bisa dikondisikan waktunya. 

Masalah waktu makan karyawan di restoran ini harus disosialisasikan kepada semua karyawan untuk tidak makan bersamaan dalam satu divisi, misalnya tiga orang waiter makan bersamaan, sehingga ketika ada banyak tamu yang datang secara tiba-tiba, banyak tamu juga yang tidak terhandle atau tertangani karena tidak terhandle oleh waiter yang ada di depan sebab tiga orang rekan waiternya yang lain sedang makan. 

Dalam masalah ini koordiansi dengan atasan dan teman kerja pada saat ingin makan dan sholat adalah sangat penting dan mutlak diperlukan. Supervisor atau captain harus diberi tau siapa saja dari crew nya yang sedang makan dan sholat. Ini penting agar supervisor atau captain waiter bisa mengkondisikan atau mengatur siapa yang akan mem-beckup tugas crew yang sedang makan atau sholat tersebut sehingga operasional restoran tetap berjalan dengan lancar.

Demikian artikel mengenai waktu tepat bagi karyawan restoran untuk makan. Semoga bermanfaat.

Waktu Tepat Bagi Karyawan Restoran Untuk Makan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.