4/14/2015

Tips Menjadi Waiter Yang Baik

Dias Akhmad  |  at  4/14/2015  |   |  No comments

Bagi anda yang saat ini bekerja sebagai seorang waiter di restoran tentu sudah mengalami berbagai hal suka dan duka selama bekerja sebgai waiter. Dalam melayani tamu atau pelanggan restoran, tentu juga sudah mengalami bertemu dengan tamu yang baik hati memberi anda tips sampai dengan tamu yang sedikit cerewet dan minta ini dan itu. Hal itu sudah menjadi makanan sehari-hari seorang waiter. Dari proses inilah anda akan dibimbing bagaimana menjadi seorang waiter yang baik.

Dalam artikel ini saya ingin berbagi tips bagaimana menjadi waiter yang baik. Hal ini diperlukan untuk memberikan anda arah dan pedoman yang jelas dalam menjalankan tugas anda sehari-hari, memotivasi semangat anda dalam bekerja, dan mendorong anda untuk meniti jenjang karir dalam dunia service yang tantu diawali dari menjadi seorang waiter.

Berikut adalah beberapa tips menjadi waiter yang baik di restoran :

1. Selalu menjaga standart penampilan
Penampilan adalah hal pertama yang akan dilihat oleh tamu. Bahkan mengalahkan skill atau kemampuan. Maksud saya adalah orang atau tamu restoran akan lebih melihat penampilan daripada skill seorang waiter saat berkunjung ke sebuah restoran. Dengan kata lain, kurangnya skill bisa ditutupi dengan penampilan yang baik. Professionalismu seorang waiter juga bisa dilihat dari standart penampilannya. Anda bisa melihat contoh seperti di restoran - restoran besar ; McD, KFC, PizzaHut, dan lainnya. Waiter dan waiteress di sana sangat menjaga standart penampilannya.

2. Jaga sikap anda
Sangat disarankan untuk selalu bersikap ramah dan bersahabat kepada semua tamu atau pelanggan restoran. Ini tentu tidak mudah karena setiap tamu pasti memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Namun satu hal yang sama yaitu mereka datang ke restoran karena lapar dan ingin kita layani untuk makan dan minum. Jadi tetaplah bersikap ramah sekuat anda meskipun anda tengah dalam keadaan lelah dan sibuk. Jadikan hal ini sebagai sarana latihan anda dalam membentuk karakter anda sebagai seorang waiter yang baik melalui sikap yang baik.


3. Terus belajar
Jangan pernah berhenti belajar hal-hal baru. Jangan anda selalu disibukan oleh rutinitas anda yang akan membuat anda bosan dan jenuh. Jika tugas pokok anda telah selesai dan ada waktu luang, cobalah untuk belajar hal-hal baru seperti seni melipat napkin, berbahasa inggris, ilmu waiter dan hal posistif lainnya. Jika anda mempunyai seorang captain waiter yang baik, maka pelajarilah hal-hal positif darinya dan bertanyalah kepadanya apa saja yang anda belum ketahui.

Anda juga bisa membaca artikel : Ilmu Waiter yang Wajib Dikuasai

4. Suka membantu
Suka membatu teman dalam pekerjaan adalah hal yang akan membuat anda disukai oleh siapapun. Tidak hanya oleh teman kerja anda sesama waiter tapi juga atasan anda. Sikap anda yang suka membantu mencerminkan anda memiliki loyalitas dan kerja sama tim yang tinggi. Dan inilah modal anda untuk membangun kepercayaan orang lain kepada anda sekaligus sebagai jalan meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi dengan prestasi yang baik.

5. Loyal
Loyal berarti ada atau hadir pada saat dibutuhkan oleh perusahaan. Sikap loyal kepada perusahaan atau restoran anda bisa diwujudkan dengan mengambil porsi tanggung jawab yang lebih besar. Misalnya saja anda bisa berkoordinasi dengan captain waiter anda  mengenai cara mengatasi hambatan operasional yang sering terjadi. Bangunlah komunikasi yang baik dengan captain waiter, supervisor, dan sesama rekan waiter di restoran anda.

Anda juga bisa membaca artikel : Jadi Waiter itu Menyenangkan

Itulah beberapa tips yang bisa saya tuliskan untuk anda yang mungkin bisa membantu anda yang saat ini sedang menjalani profesi sebagai seorang waiter. Semoga bermanfaat dan jangan pernah patah semangat dalam bekerja.

Tips Menjadi Waiter Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.