Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Kesuksesan Sebuah Restoran Ditentukan Oleh Satu Orang?

Jika kita pernah menjumpai orang yang mengatakan bahwa suksesnya restoran A adalah karena kerja keras dan kecerdasannya, apakah kita bisa percaya bergitu saja?. Seperti kita ketahui bahwa restoran adalah sebuah usaha yang dijalankan dengan melibatkan banyak orang. Jika kemudian ada pernyataan bahwa kesuskesan sebuah restoran ditentukan oleh satu orang, apakah hal itu benar?. Di artikel ini saya ingin mengupas hal penting yang harus disadari oleh kita semua tentang makna kerja sama tim yang merupakan sumber kekuatan dan kesuskesan.

Tahukah anda bahwa peran tukang parkir di restoran itu sama pentingnya dengan waiter? dan tahuka juga anda bahwa peranan koki juga sama pentingnya dengan peran seorang manager restoran?

Mari kita ilustrasikan, suatu hari ada tamu atau pelanggan restoran A yang datang bersama keluarganya. Begitu masuk ke restoran, para waiter sudah dengan sigap dan ramah menyambut kedatangan tamu tersebut. Kemudian tamu tersebut makan dengan sajian menu yang lezat. Saat keluarga tamu tersebut pergi ke toilet, ditemukannya toilet yang bersih dan dengan ventilasi udara yang baik. Tamu tersebut sangat puas dengan pelayanan waiter dan masakan koki restoran A yang hebat serta tempatnya yang bersih. Pada saat tamu tersebut hendak pulang, tiba-tiba saja mobil mereka yang hendak keluar dari area parkir berbenturan dengan mobil lain yang akan masuk untuk parkir. Masing-masing pengendara mobil itu turun dan kemudian baradu argumen tentang siapa yang salah dan siapa yang benar. Dan ternyata ini terjadi karena tidak ada petugas parkir di restoran A.

Dari ilustarsi di atas, kita bisa menebak apa yang dirasakan tamu restoran. Tamu yang ingin pulang dengan perasaan puas atas pelayanan dan masakan restoran A, sekejap bisa berubah menjadi  rasa tidak nyaman karena tidak adanya petugas parkir yang mengatur ketertiban parkir di restoran A.

Melalui ilustrasi kejadian di atas, saya ingin mengatakan bahwa peranan setiap orang dalam pekerjaan di restoran adalah sama pentingnya. Tidak ada yang paling penting antara satu dengan yang lainnya. Tidak juga ada yang pekerjaannya lebih capek dari yang lain. Misalnya, koki mengatakan "saya capek di kitchen, di kicthen panas dan harus cepat, orang service sih ringan kerjanya, hanya melayani tamu saja kok".

Mungkin waiter akan menjawabnya dengan mengatakan "ya cobalah anda yang di depan jadi waiter, memang enak mengahdapi tamu yang complaint?".

Ya, jika semua orang atau bagian dalam pekerjaan restoran merasa paling capek atau paling penting perannya, maka kesuksesan bukanlah miliknya. Kesuksesan diperoleh dari sebuah kerja sama tim yang kuat dimana satu sama lain saling percaya dengan kemampuan satu sama lain dan saling membantu satu sama lain.

Jadi pada prinsipnya, kesuksesan sebuah restoran tidaklah ditentukan oleh satu orang saja, baik itu manager, supervisor, marketing, koki, cashier, waiter atau lainnya. Kesusksesan restoran adalah merupakan hasil kerja sama yang baik dari sebuah tim. 

Tidak ada orang yang sempurna, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, Dan dalam tim, kekurangan dan kelebihan berpadu hingga menjadi kekuatan yang luar biasa. Pernah mendengar "the right man on the right place" ?, itu karena setiap orang punya peranan yang tepat untuk dirinya masing-masing dalam pekerjaan. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top