Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Kenapa Koki Diwajibkan Pakai Sepatu Boot?

Di area kitchen saat produksi, minyak goreng dan lemak setiap harinya selalu melapisi lantai sehingga menjadi licin. Hal ini bisa menjadi penyebab banyaknya kecelakaan kerja jika karyawan dalam hal ini koki serta crew kitchen lainnya tidak konsisten memakai sepatu boot. Kondisi lantai yang licin bisa membuat siapa saja mudah terpeleset dan jatuh. Inilah salah satu faktor yang mengharuskan koki memakai sepatu boot.

Sudah banyak contoh kecelakaan kerja yang terjadi seperti misalnya kaki tersiram air panas, crew kitchen terpeleset dan jatuh ke lantai, dan lain sebagainya. Tentu kita harus belajar dari contoh kasus seperti ini.

Disamping berfungsi sebagai pengaman dari lantai yang licin, sepatu boot juga bisa melindungi dari kemungkinan terpercik atau tersiramnya  kaki karyawan dari minyak panas atau air panas. Kita tau apapun bisa terjadi, untuk itulah kita harus selalu berhati-hati dalam bekerja termasuk untuk selalu memakai pelindung kaki dengan menggunakan sepatu boot.

Dari sisi kerapihan, sepatu boot yang dipakai para koki tentu lebih baik dari memakai sandal atau jenis sepatu lainnya untuk digunakan di area kitchen. Dengan penggunaan sepatu boot, para koki juga terlihat lebih rapi dan disiplin.

Dari beberapa manfaat penggunaan sepatu boot seperti yang saya sebutkan di atas, tentu sudah seharusnya tim di area kitchen untuk selalu menggunakan sepatu boot saat bekerja secara konsisten. Dalam penggunaanya, sepatu boot hanya boleh dipakai saat berada di area kitchen. Jika crew kitchen seperti chef, cook helper, dan lainnya harus menghadiri briefing atau meeting bersama divisi lain seperti service dan marketing, maka crew kitchen harus melepaskan sepatu boot nya dan menggantinya dengan sepatu pantofel.

Begitu juga sebaliknya jika crew service atau divisi lainnya ingin masuk ke area kitchen karena suatu keperluan, maka crew tersebut harus menggunakan sepatu boot. Biasanya stock sepatu boot sudah disediakan di area tertentu untuk keperluan ini.

Jadi itulah kenapa koki diwajibkan pakai sepatu boot. Hal ini tentu saja untuk kebaikan dan kelancaran dalam bekerja khusunya crew kitchen seperti chef, koki, steward, dan lainnya. Jadi, mari secara konsisten membiasakan diri menggunakan sepatu boot saat bekerja di area kitchen restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top