4/14/2015

Kasir dan Citra Restoran

Dias Akhmad  |  at  4/14/2015  |   |  No comments

Jika restoran anda memiliki tenaga staff waiter, waiteress, dan kasir yang rajin, ramah, aktif, dan selalu menjaga standart penampilan, maka itu adalah salah satu aset  restoran anda dalam memuaskan pelanggan atau customer. Frontliner seperti waiter, waiteress, kasir, captain waiter, dan supervisor adalah orang-orang yang memang harus dekat dengan pelanggan restoran. Harus memiliki customer intimacy atau pendekatan kepada pelanggan yang baik. Karena disinilah letak kekuatan service restoran yang kemudian akan membentuk citra atau image positif restoran.

Terutama sekali jika menyangkut kasir, maka penilaian pelanggan atau tamu restoran akan langsung menyasar kepada citra restoran tersebut. Ambil saja satu contoh, jika kasir di restoran A pernah berlaku ketus atau judes, maka tamu atau pelanggan akan langsung mengabarkan kepada orang lain bahwa restoran A kasir nya ketus. Sudah pasti akan banyak kesan negatif yang akan muncul dibenak banyak orang jika sudah mendengar seorang kasir di sebuah restoran bersikap tidak baik.

Jadi, kasir memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk citra restoran. Meski pencitraan restoran tidak hanya dibentuk oleh kasir, tapi kasir lah yang mempunyai andil besar dalam memberikan kesan positif atau negatif kepada tamu. Ini adalah opini pribadi saya yang boleh jadi anda atau orang lain kurang setuju. Ya, hal ini hanya berdasrkan pengamatan pribadi saya selama bekerja di beberapa restoran.



Benar atau salah opini saya mengenai peran besar kasir dalam membentuk citra atau nama baik restoran bisa saja anda kesampingkan. Karena sebenarnya yang ingin saya sampaikan adalah bahwa kasir mempunyai peran yang sangat penting dalam pencitraan sebuah restoran.

Untuk itu, saya akan memaparkan beberapa hal yang bisa diterapkan oleh seorang kasir dalam menjalankan operasional supaya seorang kasir bisa memberikan image atau kesan positif yang selanjutnya akan membuatnya memberikan pencitraan yang baik kepada tamu atau pelanggan restoran sebagai berikut :

1. Jaga standart penampilan
Biasakan selalu tampil rapi dalam berpakaian. Gunakan make up minimalis dan parfum yang lembut. Jika anda waita, perhatikan seragam anda, pakaian yang terlalu ketat dan membetuk lekukan tubuh anda yang seksi bukanlah hal yang baik untuk pekerjaan anda. Jika anda kemudian digoda oleh tamu yang tertarik dengan tubuh anda, maka itu adalah sebuah hambatan pekerjaan untuk anda. Atau anda akan dinilai negatif oleh tamu wanita. Usahakan memakai pakaian seragam yang standart dengan ukuran tubuh anda.

2. Selalu bersikap ramah
Usahakan untuk selalu menjaga sikap anda saat melakukan transaksi dengan tamu yang melakukan pembayaran, pesan bungkus, bertanya, atau bahkan tamu yang complaint sekalipun. Sikap  ramah akan membuat diri anda sendiri merasa nyaman bekerja. Perasaan kesal justeru akan membuat anda merasa cepat lelah. Jadi tetaplah ramah dan kembangkan senyuman anda untuk semua pelanggan restoran.

3. Selalu teliti dan jujur
Sikap jujur dan kehati-hatian mutlak diperlukan di pekerjaan kasir. Selalu hitung uang yang anda terima dari tamu atau pelanggan restoran dan hitung ulang juga jumlah uang yang anda akan berikan kepada tamu atau customer restoran sebagai kembalian. Semua kasir pernah melakukan kesalahan dan itu wajar. Yang harus anda lakukan adalah selalu berhati-hati dalam kondisi apapun. Banyak juga kasus uang palsu yang beredar di masyarakat, jangan segan untuk meneliti uang yang anda terima dari tamu pada saat proses pembayaran. 

Ketiga hal itu, meski terdengar sangat biasa, namun tidak mudah untuk selalu diterapkan. Untuk itulah perlu kesungguhan yang besar dari anda bagaimana anda sebagai kasir restoran bisa menyelesaikan tugas-tugas kasir anda di restoran dengan baik.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Kerja Kasir di Restoran

Masalah di restoran di setiap divisi atau bagian restoran tentu bermacam-macam. Tidak terkecuali dengan divisi kasir restoran. Akan sangat banyak aneka masalah yang muncul dan akan anda hadapi. Namun yakinlah semua permasalahan yang anda hadapi akan membuat anda semakin bisa belajar hingga berhasil menyelesaikannya dengan baik.

Demikian artikel kasir dan citra restoran. Semoga bermanfaat.

Kasir dan Citra Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.