Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Rekrut Chef Untuk Restoran

Seorang chef yang baik sangat dicari oleh para pengusaha kuliner  termasuk restoran. Karena memiliki seorang chef yang baik adalah sebuah aset luar biasa bagi  restoran dalam menghasilkan menu-menu yang berkualitas dan pembuatan menu-manu baru dengan kreatifitas tinggi chef nya. Untuk itu sistem yang tepat diperlukan dalam melakukan rekrut chef untuk restoran.

Chef restoran biasanya bergaji tinggi. Untuk itu, jangan sampai salah dalam melakukan rekrut chef. Ada banyak kasus dimana pengusaha restoran terpikat oleh presentasi seorang chef pada saat sesi wawancara. Apalagi dibumbui dengan janji-janji manis akan membuat restoran pengusaha tersebut untung besar dengan biaya produksi yang murah. Tapi setelah kontrak kerja sama ditanda tangani dan proses pekerjaan berjalan, mulailah terlihat kemampuan chef tersebut yang sebenarnya yang tidak seperti yang diharapkan.


Tidak jarang pula kita menemui seorang chef yang sombong. Baginya, pengusaha lah yang harus mengikuti standart nya, padahal ia digaji oleh pengusaha tersebut. Ironis bukan?.

Intinya, kita perlu sangat hati-hati dalam merekrut seorang chef untuk restoran kita. Apa saja hal yang harus dilakukan dalam merekrut seorang chef yang baik? berikut adalah beberapa cara rekrut chef untuk  restoran yang bisa anda terapkan dalam melakukan rekrut chef :

1. Karkter positif
Carilah chef dengan karakter positif. Karakter positif lebih penting dari skill apapun. Untuk apa mempekerjakan seorang chef dengan kemampuan selangit tapi sombong dan susah diajak bekerja sama. Penilaian karakter positif bisa anda lakukan pada saat sesi wawancara dengan menyanyakan hal-hal umum yang memancing penilaiannya  terhadap seseorang atau sesuatu. Sebagai contoh, kita bisa minta pendapatnya mengenai bagaimana cara memperlakukan orang yang susah diatur dan sebagainya. Karakter positif juga bisa dilihat dari bahasa tubuh nya selama berbicara dengan kita. Untuk lebih menyakinkan, berikanlah materi psikotes.

Anda juga bisa membaca artikel : Chef Sombong, Sudah bukan Zamannya

2. Bersedia dikontrak minimal satu tahun.
Banyak chef yang nyambi kerja di restoran lain atau bekerja untuk jangka pendek misalnya 2 sampai dengan 6 bulan. Ini menjadi awal dari menurunnya atau buruknya kinerja seorang chef. Kontrak kerja dengan ketentuan-ketentuan yang mengatur hubungan kerja sama antara pengusaha dan karyawannya menjadi sangat penting. Cantumkanlah dalam kontrak kerja ketentuan agar karyawan dalam hal ini chef harus bisa fokus bekerja untuk restoran kita selama satu tahun. Ini dimaksudkan untuk membuat kondisi kerja yang bagus dan serius.

3. Bersedia melakukan tes menu
Sebelum dilakukan kontrak kerja, mintalah kesediaan chef yang akan anda rekrut untuk melakukan tes menu. Ini bertujuan untuk menguji kemampuan chef tersebut dalam membuat menu dan bagaimana penyajiannya. Selama tes menu berlangsung, anda bisa melihat dan merasakan menu buatan chef tersebut. Anda juga bisa memberikan masukan-masukan mengenai kualitas rasa dan tampilan menu yang dibuat chef. Di sesi ini pula, anda bisa mengambil  foto menu yang dibuat chef untuk nantinya dibuatkan buku menu. 

Jika ketiga hal tersebut di atas, mampu dilaksanakan oleh seorang chef, maka dia lah chef terbaik untuk restoran anda. Perlakukanlah dia dengan baik dan pantas karena mendapatkan seorang chef yang baik bukanlah hal mudah. Perhatikan juga kesejahteraan chef anda jika anda ingin ia lebih lama bekerja sama dengan anda.

Anda juga bisa membaca artikel : 4 Alasan Kenapa Gaji Crew Kitchen Lebih Besar Dari Gaji Crew Service

Itulah beberapa cara rekrut chef untuk restoran yang bisa anda terapkan dalam sistem rekrut chef di restoran anda. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top