Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Mengatasi Limbah Lemak Yang Menyumbat Saluran Pembuangan

Kebanyakan restoran memiliki masalah dengan saluran pembuangannya, ini disebabkan oleh sistem penanganan limbah restoran yang kurang baik. Sangat sering dijumpai terjadinya masalah penyumbatan atau penyempitan pada pipa saluran pembuangan disebabkan oleh sampah dan limbah lemak yang telah menggumpal dan mempersempit lubang pipa.

Jika kemudian pipa sampai benar-benar tersumbat, maka area restoran -terutama kitchen- akan tergenang limbah produksinya sendiri. Dengan area kitchen yang tergenang limbah, maka proses produksi secara otomatis terganggu.

Penyumbatan pipa saluran pembuangan terjadi akibat adanya air berlemak yang melewatinya secara terus menerus. Dalam beberapa bulan, lemak yang melapisi pipa kemudian mengeras/menggumpal hingga menutup lubang pipa. Inilah yang menyebabkan pipa saluran pembuangan menjadi tersumbat.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada pipa saluran pembuangan yang tersumbat dengan cepat, salah satunya adalah dengan menggunakan chemical bernama soda api yang mampu menggerus lemak dalam pipa. Namun cara ini memiliki kelemahan, yaitu bubuk soda api sendiri yang tak bisa larut dalam air. Bubuk soda api mengendap dan menjadi bagian dari penyebab tersumbatnya pipa. Seperti chemical lain, soda api tidak mampu diuraikan oleh bakteri hingga ia tetap berupa bubuk putih yang kemudian mengendap menjadi padat.

Ada juga yang menggunakan mesin kompresor untuk membersihkan pipa saluran yang tersumbat oleh lemak dan sampah. Tekanan udara yang kuat dari kompresor mendorong sampah dan gumpalan lemak dalam pipa hingga keluar. Cara ini bisa berhasil untuk pipa pembuangan yang pendek dan lurus. Jika pipa pembuangan panjang dan berlekuk, cara ini tidak bisa digunakan.

Lalu apa cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengatasi limbah lemak  yang dapat menyumbat saluran pembuangan di restoran?

Untuk menangani pembuangan limbah restoran, kita dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :

1. Pisahkan sampah kering dan sampah basah
Sediakanlah beberapa tempat sampah besar untuk menampung sampah basah dan sampah kering. Jangan sampai ada sampah yang masuk ke dalam pipa saluran pembuangan

2. Gunakan air panas untuk melarutkan minyak dan lemak
Pada saat membuang limbah lemak di setiap tutup restoran, siramlah dengan air panas. Hal ini dilakukan untuk melarutkan minyak dan lemak agar mengalir lancar dan tidak mengendap pada pipa.

3. Memasang grease trap
Grease trap atau perangkap lemak adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyaring grease  (lemak) yang dipasang pada sink dapur. Grease trap dapat menyaring lemak sehingga yang mengalir ke pipa pembuangan hanyalah air, sementara lemak disaring dan disimpan dalam grease trap.

Saat ini banyak perusahaan yang memproduksi dan menjual grease trap portable dengan harga terjangkau. Grease trap portable ini sangat mudah dioperasikan. Untuk perawatan, grease trap harus dibersihkan setiap 2 hari sekali.

4. Gunakan jasa sedot limbah professional
Jika restoran Anda saat ini tengah mengalami masalah penyumbatan pipa saluran pembuangan, maka cara terbaik adalah dengan menggunakan jasa sedot limbah professional. Awasi pekerjaan mereka untuk memastikan bahwa proses pembersihan pipa dilakukan dengan baik. Selanjutnya Anda harus secara konsisten melaksanakan langkah 1, 2 dan 3 di atas sehingga penyumbatan pipa tak lagi terjadi.

Demikian artikel cara mengatasi limbah lemak yang menyumbat saluran pembuangan di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

1 komentar:

ini bukan cara mengatasi tapi mencegah :v

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top