Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Menerima Tamu di Restoran

Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada  tamu, kita harus memulainya dari tamu datang ke restoran kita hingga tamu selesai makan dan pulang. Untuk itu, perlu diperhatikan bagaimana cara menerima tamu saat kedatangannya di restoran kita. Hal ini penting dalam memberikan kesan pertama kepada  tamu terhadap restoran dan pelayanan kita. Apa yang dialaminya pertama kali saat menginjakkan kakinya di restoran adalah  hal yang akan menentukan suasana hati dan kenyamanan tamu selanjutnya sampai tamu tersebut selesai makan dan pergi.

Hal yang perlu kita lakukan adalah memberikan sambutan yang ramah saat kedatangan tamu, sambutlah dengan senyum dan antusias yang menandakan bahwa kita menyukai dan sangat senang dengan kedatangan mereka di restoran kita. Sambut dan iringkanlah tamu sampai pada meja atau tempat duduk yang diinginkannya. Jika kita berhasil memberikan sambutan yang baik kepada tamu, maka tamu yang lelah bisa terobati dengan senyum dan keramahan yang kita berikan, sebaliknya, jika tamu datang tanpa sambutan atau bahkan crew restoran terkesan cuek, maka biasanya, tamu hanya makan di restoran itu satu kali saja (karena lapar dan terlanjur sudah masuk ke restoran) dan tak kan kembali lagi.

Lalu bagaimana cara menerima tamu di restoran dengan baik?
Berikut adalah beberapa langkah menerima tamu di restoran yang bisa diterapkan di restoran anda :

1. Membantu membukakan pintu mobil 
Saat tamu akan keluar dari mobil, crew restoran (waiter atau bisa juga satpam) membantu membukakan pintu mobil sambil sambil mengucapkan selamat datang dengan ramah dan senyum

2. Iringkan tamu hingga masuk ke restoran
Iringkan tamu hingga masuk ke restoran melalui pintu utama yang telah di standby kan petugas greeter. Jika jarak mobil dari pintu utama cukup jauh, disarankan untuk menggunakan payung agar tamu terlindung dari panas dan hujan terutama tamu lansia dan balita.

3. Memberikan ucapan salam
Petugas greeter yang telah siap di depan pintu utama restoran memberikan ucapan selamat datang kepada  tamu dengan ramah dan senyum, misalnya : "selamat datang di restoran AB Seafood, silahkan..."

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Greeting Seorang Waiter di Restoran

4. Mengantar tamu ke mejanya
Setelah tamu disambut dengan ucapan salam atau greeting, waiter menyambut kedatangan tamu dan mengantarnya ke meja yang diinginkannya.


Itulah beberapa langkah cara menerima tamu di restoran. Cara yang baik seperti ini akan memberikan kesan yang mendalam bagi tamu tantang pelayanan kita. Dan jika tamu menemui ada yang kurang dari pelayanan kita seperti pesanan sedikit lama diantar atau kualitas makanan dan minuman kurang fresh, maka hal ini bisa menjadi peredam kekecewaan tamu. Dan jika pelayanan berjalan dengan lancar dan kualitas makanan dan minuman oke, maka tamu mendapatkan kepuasan yang sangat baik. Dengan cara inilah loyal customer bisa kita dapatkan. Tamu yang loyal kepada restoran kita, akan selalu menyempatkan diri untuk kembali berkunjung ke restoran kita. Dan jika semakin banyak pelanggan atau tamu yang loyal kepada restoran kita, semakin sukseslah restoran kita.

Anda juga bisa membaca artikel : Langkah Pelayanan Standar di Restoran

Satu hal yang sangat penting, berikan sambutan dan senyum yang tulus dari hati ingin menyenangkan tamu. Karena hanya ketulusan yang bisa dirasakan oleh tamu. Sambutan dan senyuman yang hanya formalitas dan hanya melaksanakan tugas, tidak akan berkesan apapun. Jadi lakukanlah dengan hati. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top