3/08/2015

Tugas Manager Operasional Restoran

Yani Melita  |  at  3/08/2015  |   |  No comments

Restoran yang telah berkembang dan membuka beberapa cabang akan mulai membutuhkan kontrol atau pengawasan yang lebih baik. Hal ini disebabkan karena supervisor di suatu cabang terkadang bisa menjadi tidak konsisten dalam melaksanakan tugasnya atau menurun kinerjanya karena suatu faktor tertentu.

Dengan demikian, perlu diangkat seorang manager operasional yang akan menghandle pengawasan atau kontrol terhadap kinerja para supervisor di cabang-cabang restoran yang ada. Selain bertugas melakukan pengawasan, apa saja tugas-tugas seorang manager operasional restoran? dalam artikel ini saya akan menuliskannya untuk pembaca restofocus. Selamat membaca.


Beberapa tugas manager operasional adalah sebagai berikut :

1. Mengawasi kinerja supervisor  
Telah disebutkan di atas, bahwa tugas utama seorang manager operasional restoran adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja supervisor di cabang agar selalu konsisten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya sebagai penanggung jawab tertinggi di cabang.

Manager operasional restoran harus secara rutin berkunjung ke setiap cabang untuk melakukan pengecekan atau pengawasan.

2. Memastikan terlaksananya program pusat
Program dari pusat yang telah disosialisasikan kepada semua cabang harus bisa berjalan dengan baik. Untuk itu, manager operasional restoran harus selalu melakukan kontrol sejauh mana suatu program dijalankan.

Jika kemudian ditemukan kendala-kendala dalam pelaksanaannya, maka manager operasional harus menyampaikannya kepada management pusat untuk kemudian dilakukan evaluasi terhadap program tersebut.

Manager operasional juga harus memberikan support kepada supervisor dalam mengatasi kendala yang dihadapi di cabang.

3. Menyatukan persepsi dan cara pandang supervisor
Manager operasional harus bisa mempersatukan persepsi dan cara pandang semua supervisor cabang mengenai hal teknis dan non teknis pekerjaan serta semua keputusan atau kebijakan yang diambil oleh management pusat sehingga terjadi kekompakan dan tidak muncul gang, kelompok atau dinasty dalam lingkungan restoran yang bisa membuat perpecahan.

4. Memberikan motivasi kepada supervisor
Manager operasional berkewajiban memberikan motivasi kepada semua supervisor untuk mencapai  target-target yang telah ditentukan. Manager operasional harus bisa merangkul semua supervisor yang tentu memiliki karakter berbeda-beda.

Seorang manager operasional restoran haruslah memiliki jiwa leadership yang tinggi. Selain itu, manager operasional juga harus menjadi teladan yang baik.

5. Pusat koordinasi 
Manager operasional merupakan pusat atau titik temu koordinasi antara management, supervisor, dan karyawan. Apapun yang terjadi dalam lingkungan restoran haruslah diinformasikan kepada manager opersional, dan informasi apapun dari level management haruslah juga diketahui oleh manager operasional untuk kemudian diteruskan kepada semua supervisor dan karyawan.

Anda juga bisa membaca artikel : Crew Steward Bisa Menjadi Manager

Demikian beberapa tugas manager operasional restoran yang dapat saya tuliskan. Sebagai tambahan, manager opersional restoran haruslah dekat dengan owner atau level top management dan juga harus dekat dengan semua karyawan, namun tetap dalam koridor professionalisme.

Demikian artikel tugas manager opersional restoran. Semoga bermanfaat.

Tugas Manager Operasional Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.