Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Prosedur Promosi Jabatan Karyawan Restoran

Untuk mengembangkan restoran diperlukan sumber daya manusia yang mencukupi baik secara kualitas maupun kuantitas dalam memenuhi kebutuhan operasional restoran. Untuk itu masalah karyawan dan jenjang karir juga harus diperhatikan. Karyawan yang telah lama bekerja dan mampu secara teknis dalam penanganan operasional restoran serta memiliki jiwa leadership yang baik tentu sangat pantas untuk dipromosikan memegang jabatan yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Hal ini juga penting mengingat salah satu kepuasan karyawan adalah diberikannya jenjang karir yang membuat karyawan terus termotivasi untuk bekerja dengan baik. Jabatan yang lebih tinggi tentu saja berarti kesejahteraan atau salary yang lebih baik dan citra diri yang diimpikan semua orang seperti  respect dan kebanggaan berkarya. Selain itu, jabatan yang lebih tinggi, tentu saja juga berarti tanggung jawab yang lebih besar bagi yang siap untuk berada di posisi atau jabatan tersebut.

Jika jenjang karir diabaikan oleh suatu perusahaan atau restoran, maka tidak heran jika kemudian banyak karyawan senior yang telah bekerja bertahun-tahun, memiliki skill yang cukup, dan loyalitas kerja yang tinggi kemudian tiba-tiba melirik perusahaan atau restoran lain yang memberikan jenjang karir yang lebih menjanjikan.Jika ini terjadi, tentu kerugian yang sangat besar bagi perusahaan atau restoran tersebut karena kehilangan karyawan  yang baik dan berprestasi adalah berarti kehilangan aset yang sangat berharga.


Jadi, tentu saja di lingkungan restoran juga harus diperhatikan mengenai jenjang karir, misalnya dari waiter ke captain waiter, dari captain waiter ke supervisor, dari supervisor ke tim audit, dari tim audit ke operation manager dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana prosedur promosi jabatan karyawan  restoran?
Berikut adalah prosedur promosi jabatan karyawan restoran :

1. Membuat raport penilaian karyawan
Harus ada raport penilaian karyawan yang mengevaluasi kinerja seorang karyawan setiap bulan. Jadi bisa diketahui secara jelas bagaimana kinerja seorang karyawan dari waktu ke waktu. Raport penilaian ini mencakup kehadiran, kedisiplinan, kualitas kerja, kepemimpinan, pengetahuan, kemampuan menangani masalah dan hal lainnya yang dianggap perlu di catat dalam raport penilaian karyawan.

2. Panggil karyawan yang akan dipromosikan
Hal ini dimaskudkan untuk menanyakan kesiapan karyawan yang bersangkutan untuk memegang jabatan yang akan diberikan nantinya. Jika ternyata karyawan tersebut masih ragu-ragu dalam menerima promosi tersebut, saya sarankan jangan diteruskan karena hal ini akan menjadi tidak baik nanti nya jika dipaksakan. Namun jika karyawan tersebut menyatakan kesiapannya, baru lah kita kemudian memberikan pengarahan dan gambaran mengenai tugas dan wewenang nya dengan jabatan baru yang akan di pegang nya nanti.

3. Kirimkan surat promosi jabatan karyawan
Buatlah surat promosi jabatan untuk karyawan bersangkutan. Jika anda adalah seorang supervisor yang ingin mempromosikan karyawan anda yang saat ini adalah seorang waiter untuk diangkat menjadi seorang captain waiter, maka buat dan kirimkan lah surat promosi jabatan anda tersebut kepada HRD. Jika belum ada posisi HRD di restoran anda bekerja, maka kirimkan atau berikan lah surat promosi jabatan karyawan tersebut kepada manager atau owner restoran tersebut.

4. Pengujian kemampuan dengan masa training jabatan
Jika kemudian promosi jabatan tersebut di setujui, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah melakukan pengujian kemampuan dengan masa training jabatan. Biasanya masa training jabatan untuk level captain waiter adalah 3 bulan. Setelah tiga bulan akan diputuskan apakah karyawan bersangkutan dinyatakan lulus training atau tidak. Jika lulus, itu artinya ia telah resmi diangkat sebagai pemegang jabatan captain waiter melalui SK pengangkatan. Jika tidak lulus, itu artinya karyawan tersebut masih harus belajar lagi.

Hal mengenai prosedur promosi jabatan karyawan restoran di atas hanyalah satu contoh sederhana yang bisa di laksanakan dalam mempromosikan seorang karyawan restoran ke posisi atau jabatan yang lebih tinggi. Pada prinsipnya tentu setiap perusahaan atau restoran memiliki aturan tersendiri yang mengatur prosedur promosi jabatan karyawannya.

Demikian artikel prosedur promosi jabatan karyawan restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top