3/02/2015

Pengertian dan Tata Cara Fast Food

Yani Melita  |  at  3/02/2015  |   |  No comments

Saat ini sudah banyak restoran yang menggunakan sistem fast food atau self service dalam melayani pembeli atau pelanggannya. Salah satu nya adalah karena sifat nya yang praktis, cepat, dan tidak memerlukan bayak tenaga waiter seperti dalam restoran yang menggunakan sistem ala carte. Efisiensi dalam waktu dan jumlah karyawan akan menjadi keuntungan tersendiri bagi restoran dalam menghemat biaya operasional. Meskipun demikian, restoran yang menggunakan sistem fast food harus tetap memperhatikan pelayanan dan kualitas menu, jika tidak, tentu tamu atau konsumen akan beralih ke restoran lain. Untuk itu bagi anda yang ingin membuat konsep fast food  untuk restoran anda, disarankan untuk mempelajari tata cara  fast food sehingga dalam operasional nya nanti tidak jadi mengecewakan tamu atau pelanggan restoran anda.
Apa yang dimaksud dengan fast food dan bagaimana tata cara fast food?

Pengertian fast food

Fast food adalah suatu sistem pelayanan dimana menu makanan dan minuman ditata dengan apik di sebuah meja panjang dan pembeli atau konsumen mengambil sendiri makanan dan minuman yang diinginkannya serta langsung melakukan transaksi pembayaran dengan kasir.

Tata cara fast food
Berikut adalah tata cara fast food :

1. Siapkan meja fast food
Gunakan meja panjang yang berfungsi sebagai tempat memajang atau menaruh menu makanan dan minuman yang akan dijual. Untuk mempercantik meja fast food, bisa menggunakan skirting untuk menutupi bagian kaki-kaki meja agar terlihat rapi dan cantik

2. Tata rapi menu di atas meja fast food
Setelah meja fast food siap, maka langkah selanjutnya adalah memajang menu makanan dan minuman yang akan dijual di restoran dengan rapi dan cantik. Buatlah semenarik mungkin agar tamu berminat dan tergoda untuk membelinya

3. Siapkan Chaving dish dan sterno
Chaving dish adalah alat service yang terbuat dari stainless yang berfungsi sebagai tempat nasi putih, dan aneka masakan. Dengan menggunakan chaving dish, nasi putih dan aneka masakan seperti sup, bihun goreng dan lainnya akan terlihat bersih dan rapi. selain itu siapkan juga sterno atau pemanas chaving agar masakan tetap hangat. Untuk gambar chaving dish dan sterno, anda bisa mencari nya di Google Image dengan  kata kunci " chaving dish dan sterno".


4. Siapkan lilin
Lilin digunakan sebagai pengusir lalat agar menjauh dari menu makanan dan minuman yang sudah ditata rapi di atas meja fast food. Gunakan gelas lilin atau candle glass agar lilin terlihat cantik.

5. Siapkan mesin kasir
Sistem pemabayaran dilakukan langsung setelah tamu atau pembeli selesai mengambil menu makanan dan minuman yang diinginkannya. Untuk itu mesin kasir harus sudah disiapkan di dekat meja fast food agar proses transaksi bisa dilakukan dengan cepat. Selain itu jarak kasir yang dekat dengan meja fast food juga dikarenakan kasir harus bisa melihat menu apa saja yang sudah diambil oleh  tamu atau konsumen.

6. Siapkan uang pecahan untuk kembalian
Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang pecahan sebagai kembalian. Jangan sampai terjadi antrian tamu yang akan membayar karena kasir kehabisan uang pecahan untuk kembalian. 

7. Stock alat saji cadangan
Terkadang keramaian tidak bisa diperkirakan, bisa saja secara tiba-tiba restoran menjadi penuh pengunjung yang mengantri di antrian fast food restoran anda. Untuk itu selalu siapkan alat saji cadangan seperti piring, sendok, garpu, dan gelas bersih sebagai cadangan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan keramaian. Stock alat saji yang direkomendasikan adalah 3 kali jumlah tempat duduk yang ada di resoran anda dengan asumsi sebagai berikut : 1 sedang dipakai untuk tamu, 1 sedang dicuci di diswasher, dan 1 stock cadangan yang bisa digunakan.

8. Stanby kan satpam
Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam suasana ramai. Standby kan petugas satpam di dekat kasir, pintu masuk restoran, dan juga di area parkiran restoran anda untuk selalu melakukan pengawasan dan pengamanan. Dengan cara ini, pengunjung atau tamu restoran akan lebih merasa nyaman.

Itulah beberapa hal dalam tata cara fast food  yang bisa saya  tuliskan dalam artikel ini. Hal yang sangat diharapkan pengunjung atau pelanggan restoran dari sistem fast food adalah kecepatan. Untuk itu lakukan lah koordinasi sesama karyawan restoran agar operasional berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian artikel pengertian dan tata cara fast food. Semoga bermanfaat.

Pengertian dan Tata Cara Fast Food Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.