Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pembagian Pekerjaan di Restoran

Bagi anda yang belum pernah bekerja di restoran, tentu ingin mengetahui apa saja pekerjaan yang ada di restoran atau dibagi dalam berapa divisi kah pekerjaan di restoran. Hal ini tidak hanya penting bagi anda yang ingin bekerja di restoran untuk melamar dibagian apa yang sesuai dengan kompetensi anda,  tapi juga sangat penting bagi pemilik atau pengusaha restoran dalam menentukan divisi atau pembagian pekerjaan di restoran agar efektif dan efisien dalam managerial nya. Untuk itu saya menulis artikel berikut ini yang mencoba mengupas pembagian pekerjaan di restoran.

Apa saja pekerjaan di restoran?
Pada prinsipnya, di restoran ada  5 divisi atau bagian penting sebagai berikut:

1. Divisi Service
Tugas utama dari divisi service adalah memberikan pelayanan terbaik kepada  tamu atau pelanggan restoran, menjual menu sebanyak-banyaknya, dan menekan tingkat complaint atau keluhan pelanggan serendah-rendahnya.Termasuk dalam divisi service ini adalah : Supervisor,  Captain waiter, waiter, dan kasir.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Waiter di Restoran

2. Divisi Product
Tugas utama dari divisi product adalah membuat menu yang enak, sehat, dan higienis, menjaga kualitas menu agar sesuai standar, dan mengkreasikan menu baru untuk memberikan variasi pilihan kepada konsumen atau pelanggan restoran. Yang termasuk dalam divisi product ini adalah : Chief Cook, koki, barista.



3. Divisi Maintenance and fasility control (M&FC)
Tugas utama nya adalah menjaga kebersihan restoran dan merawat segala peralatan yang ada di restoran untuk mendukung kelancaran kerja semua divisi serta melakukan pengamanan restoran untuk kenyamanan konsumen atau pelanggan restoran. Yang termasuk dalam divisi ini adalah Bush boy, steward, gardener, cleaning service, dan satpam.

4. Divisi Marketing
Tugas utama divisi marketing adalah mendatangkan sebanyak-banyak nya tamu atau pembeli ke restoran dan memaksimalkan penjualan restoran untuk mencapai target omset. Marketing juga bertugas untuk mempromosikan semua menu dan fasilitas restoran kepada pelanggan serta membentuk citra positif restoran. Yang masuk dalam divisi marketing adalah marketing offline, marketing online, dan admin marketing.

Anda juga bisa membaca artikel : Syarat Menjadi Marketing Restoran

5. Divisi Accounting
Tugas utama divisi accounting adalah melakukan pengawasan administratif kepada semua divisi dan memastikan berjalannya tertib administrasi di semua divisi untuk melakukan efisiensi biaya restoran dan memaksimalkan pencapaian target laba restoran.

6. Divisi PSDM
Divisi ini dipimpin oleh seorang direktur PSDM, di beberapa  restoran ada yang menyebutnya HRD. Fungsi atau tugas utama nya adalah memastikan ketersediaan SDM atau tenaga kerja untuk menghandle penanganan operasional restoran. PSDM juga bertugas dalam membangun budaya kerja karyawan restoran dengan prinsip yang baik dan efektif.

Itulah beberapa divisi atau bagian yang merupakan pembagian pekerjaan di restoran. 6 divisi yang saya tuliskan di atas adalah pembagian divisi yang paling sederhana dan masih bisa dikembangkan ke dalam beberapa divisi lain sesuai dengan kebutuhan restoran.

Demikian artikel pembagian pekerjaan di restoran yang bisa saya tuliskan untuk anda. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top