3/03/2015

Guarantee of Service di Restoran

Yani Melita  |  at  3/03/2015  |   |  No comments

Banyak hal yang dilakukan management restoran dalam memberikan pelayanan terbaik kepada semua tamu atau pelanggannya. Salah satu hal terbaik yang ditawarkan sebuah restoran adalah dengan adanya guarantee of service di restoran tersebut. Banyak ragam guarantee of service yang ditawarkan oleh restoran-restoran saat ini. Dalam artikel  ini saya akan mengajak anda untuk mengenal lebih jauh mengenai guarantee of service di lingkungan restoran yang saat ini telah mulai banyak dipakai di restoran-restoran sebagai komitmen mereka dalam memberikan kepuasan pelanggan.


Apa itu guarantee of service?

Guarantee of service adalah pelayanan yang memberikan jaminan kepuasan dalam bentuk real atau nyata atas pelayanan itu sendiri. Kenapa demikian? karena tidak semua pelayanan bisa memuaskan pelanggan!. 

Apa saja jaminan yang diberikan oleh restoran melalui guarantee of service?

Jaminan yang diberikan oleh restoran kepada para pelanggannya berbeda-beda bergantung pada kebijakan menagement restoran tersebut. Jaminan pelayanan ini sebelumnya harus didiskusikan secara khusus sebelum diberlakukan.

Seperti apa contoh guarantee of service?

Berikut adalah beberapa contoh guarantee of service di restoran :
  • Jika menu pesanan tidak datang dalam 15 menit, dapat gurameh bakar gratis
  • Jika menu yang dipesan tidak keluar, dapat cashback Rp. 50.000,-
  • Jika kasir tidak ramah, dapat free sebotol softdrink
  • Dan lain-lain
Dari beberapa contoh guarantee of service di atas tentu anda mulai mengerti apa yang dimaksud denga guarantee of service dan fungsi utamanya dalam memberikan jaminan kepuasan atas pelayanan restoran.

Untuk dapat menjalankan guarantee of service, dibutuhkan komitmen tinggi semua karyawan dalam memberikan kepuasan pelanggan serta menerima resiko penggantian yang dibebankan kepada karyawan. Jika ternyata dalam pelaksanaannya ada pelanggan yang complaint dan berhak atas item yang dijadikan guarantee of service, misalnya jika tema guarantee of service yang dipakai adalah "jika menu pesanan tidak datang dalam 15 menit, dapat gurameh bakar gratis", disini, jika kemudian ada tamu  yang complaint karena menu pesanan tidak datang dalam 15 menit dan pihak restoran harus memberikan gurameh bakar gratis seperti yang telah dijanjikan dalam guarantee of service, maka sudah harus disepakati, dibebankan kepada siapa untuk harga gurameh yang digratiskan, apakah dibebankan kepada semua karywan di shift yang terjadi complaint, atau kah di tanggung atau dibebankan hanya kepada waiter yang mengorder tamu tersebut atau kah dibebankan kepada pihak marketing restoran tersbut.

Anda juga bisa membaca artikel : Syarat Menjadi Marketing Restoran

Demikian artikel mengenai guarantee of service di restoran. Semoga bermanfaat.

Guarantee of Service di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.