3/05/2015

Cara Memanfaatkan Low Season Restoran

Yani Melita  |  at  3/05/2015  |   |  No comments

Usaha restoran terkadang mengalamai masa sepi pengunjung atau di sebut low season yang terjadi di bulan-bulan tertentu dalam satu tahun. Biasanya low season terjadi pada pertengahan bulan januari hingga akhir maret setiap tahun tapi bisa saja berbeda di tiap restoran. Low season terjadi disebabkan berbagai faktor. Dalam artikel ini saya tidak akan membahas mengenai faktor apa yang menyebabkan adanya low season, tapi mengenai cara memanfaatkan low season restoran sehingga dapat diambil suatu keuntungan tersendiri dari adanya low season restoran. 

Low season jika tidak dimanfaatkan dengan baik, maka akan banyak waktu luang terbuang percuma. Bisa jadi akan membuat crew restoran bermalas-malasan dengan duduk mengobrol, bercanda, dan hal yang kurang bermanfaat lainnya. Disinilah peran seorang leader restoran seperti supervisor atau captain waiter dalam mengarahkan crew nya untuk selalu bekerja dengan baik saat restoran ramai maupun saat restoran memasuki masa sepi.



Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan low season restoran?

Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai cara mengisi masa sepi atau low season restoran dan mengubahnya menjadi sebuah keuntungan (advantage) tersendiri bagi restoran. Berikut adalah cara memanfaatkan low season restoran :
1. Membersihkan restoran
Pada saat restoran ramai, crew restoran mungkin hanya sedikit sekali dalam mengerahkan upaya dalam membersihkan area dan peralatan restoran secara maksimal. Ini disebabkan semua disibukkan melayani tamu dan kegiatan operasional lainnya. Low season adalah waktu yang tepat bagi supervisor atau captain restoran untuk mengerahkan crew dalam melakukan kegiatan bersih-bersih restoran secara maksimal.

2. Mengevaluasi atau mengubah strategi marketing
Mintalah marketing restoran anda untuk melakukan evaluasi pencapaian target market restoran. Jika dirasa perlu, ubah strategi marketing yang dinilai kurang maksimal dalam memberikan hasil yang diharapkan. Maksimalkan promosi baik secara offline atau online. Saat ini hampir semua orang terhubung dengan internet, jadi manfaatkan lah dengan melakukan promosi via online di jejaring sosial yang saat ini sangat digemari masyarakat.

3. Konsolidasi tim
Buatlah pertemuan yang melibatkan seluruh karyawan sebagai media untuk saling memberi masukan, ide dan hal lainnya yang membangun semangat kebersamaan dan persaudaraan dalam tim. Saat restoran ramai, sangat mungkin terjadi gesekan atau perselisihan antar karyawan atau antar divisi, low season adalah waktu yang tepat untuk kembali saling merangkul sebagai satu tim yang kuat.

4. Training
Low season juga bisa dimanfaatkan sebagai saat melakukan training baik training service maupun product. Dengan adanya training, kemampuan dan kepercayaan diri crew restoran akan terus bertambah sebagai bekal dalam menghadapi keramaian.

Itulah beberapa cara memanfaatkan low season restoran agar menjadi sebuah hal yang tetap positif dan menguntungkan bagi restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Memanfaatkan Low Season Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.