3/18/2015

Cara Melayani Turis Asing di Restoran

Yani Melita  |  at  3/18/2015  |   |  No comments

Bagi anda yang bekerja sebagai waiter dan waiteress di restoran, tentu sudah pernah atau bahkan sering menjumpai dan melayani turis asing  yang berkunjung ke restoran dimana anda bekerja untuk makan dan minum. Sebenarnya cara melayani turis asing di restoran sama saja dengan melayani tamu restoran pada umunya, hanya saja ada beberapa hal yang perlu deperhatikan terutama saat melakukan taking order atau catat pesanan. Hal ini disebabkan adanya perbedaan bahasa yang tentu bisa menyulitkan komunikasi antara konsumen, dalam  hal ini turis asing dengan waiter yang melayani mereka.

Berikut adalah cara melayani turis asing di restoran :

1. Gunakan bahasa inggris 
Menguasai bahasa inggris adalah suatu keharusan bagi waiter dan waiteress, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional yang paling banyak dipakai oleh semua bangsa. Saat anda melayani turis asing, gunakanlah bahasa inggris formal untuk menunjukan rasa hormat. Jika anda bersikap hormat kepada mereka, maka mereka juga akan berlaku sama kepada anda. Dan jika anda kurang mahir berbahasa inggris, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada tour guide nya jika ada.

2. Jaga etika dan sikap anda
Jagalah etika dan sikap anda selama berinteraksi dengan turis asing. Ingat, anda adalah cerminan pelayanan  restoran anda. Anda mempunyai andil besar dalam pembentukan citra restoran dimata konsumen termasuk konsumen warga asing atau turis.


3. Perhatikan dengan seksama jika ada pesanan khusus
Karena kebiasaan makan makanan yang berbeda, sering kali pesanan yang diminta turis asing ditambah dengan catatan khusus misalnya pesan nasi goreng tanpa cabe, capcay tanpa wortel dan sebagainya.

4. Hindari mengulang pesanan lebih dari dua kali
Mengulang pesanan atau konfirmasi pesanan tamu adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh waiter dan waiteress saat taking order untuk menghindari kesalahan dalam mencatat pesanan. Namun jika  anda mengulang pesanan lebih dari dua kali kepada tamu turis asing, maka anda akan dinilai tidak mengerti atas apa yang mereka inginkan dan bahkan bisa jadi akhir nya membatalkan pesanan mereka. Untuk itu dengarkan dengan cermat apa yang mereka pesan.

5. Jangan berharap uang tips
Berikan lah pelayanan terbaik kepada turis asing tanpa mengharapkan mereka akan memberikan tips kepada anda. Tahukah anda?, saat anda telah bisa memberikan pelayanan atau service yang baik dan memuaskan mereka, anda telah mendapatkan pelajaran berharga saat melakukannya. Lebih dari itu jiwa anda juga merasa senang bisa memberikan pelayanan yang baik dan terhindar dari complaint atau keluhan konsumen.

Jika kemudian mereka memberikan tips, itu adalah berkah untuk anda, dan jika mereka tidak memberikannya, anda akan tetap senang karena anda memang tidak mengharapkannya. Pelayanan terbaik adalah sesuatu yang peling berharga bagi seorang waiter dan waiteress.

Demikian artikel cara melayani turis asing di restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Melayani Turis Asing di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.