3/19/2015

5 Kesalahan Supervisor Restoran

Yani Melita  |  at  3/19/2015  |   |  No comments

Artikel ini saya tulis untuk memberikan informasi mengenai hal apa saja yang perlu dihindari oleh seorang supervisor restoran dalam kegiatan operasional dan pengawasannya di lingkungan restoran. Hal ini bertujuan untuk memberikan arahan yang jelas agar supervisor tidak melakukan kesalahan  baik dalam tindakan maupun kebijakan yang diambil berkaitan dengan operasional dan pengawasan yang dilakukannya. Hal ini sangat penting, mengingat peran supervisor yang sangat menentukan dalam kelancaran operasional sebuah restoran. Supervisor tidak boleh melakukan kesalahan-kesalahan yang pada akhir nya akan merugikan diri nya selaku pimpinan dan restoran tempatnya bekerja karena terkendalanya operasional restoran sebagai akibat dari tindakan atau kebijakan yang salah.

Apa saja kesalahan supervisor restoran yang harus dihindari? berikut adalah 5 kesalahan supervisor restoran yang harus dihindari :

1. Tidak tegas
Supervisor harus tegas dalam menegakkan aturan perusahaan. Jangan sampai seorang supervisor berlaku lembek dengan membiarkan adanya pelanggaran yang terjadi. Tegakkan aturan yang ada dan jangan kompromi. Sikap supervisor yang lembek atau tidak tegas, akan membuat karyawan menjadi tidak hormat dan berlaku seenaknya. Tegas bukan berarti marah-marah atau berkata dengan keras dan kasar. Tegas berarti bertindak tepat sesuai dengan aturan yang ada. Jika ada karyawan atau crew restoran yang melanggar disiplin atau aturan perusahaan, segera lah panggil karyawan bersangkutan. Mintalah duduk dan sampaikan apa kesalahannya. Jika dengan kesalahannya itu ia harus di berikan Surat peringatan, maka berikan lah peringatan. Dengan bertindak tegas, karyawan akan menaruh hormat atau respect yang tinggi terhadap supervisor. Namun satu hal yang harus selalu diingat adalah anda harus menjadi teladan yang baik atas aturan-aturan yang ditetapkan di perusahaan. 

2. Memutasikan karyawan yang buruk
Kata buruk yang saya maksud adalah tidak cakap bekerja, tidak disiplin, suka membantah dan hal negatif  lainnya. Kenapa saya katakan memutasikan karyawan yang buruk atau bermasalah adalah sebuah kesalahan?, karena dengan demikian supervisor bersangkutan telah memberikan wabah atau virus baru kepada store atau cabang restoran lain dimana si karyawan buruk tersebut dimutasikan. Hal paling tepat  yang harus diberikan kepada karyawan yang buruk adalah SP1, SP2, atau PHK. 

3. Kurang kontrol
Insturksi atau perintah yang diberikan kepada seorang karyawan harus ditindaklanjuti dengan melakukan kontrol atas hasil kerja nya. Supervisor harus tau apakah karyawan tersebut benar-benar telah mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya dengan baik? atau apakah ada kekurangan yang bisa menyebabkan terkendalanya operasional sehingga supervisor harus memberikan pengarahan tentang apa saja yang kurang. Terkadang ada supervisor yang terlalu betah di kantor dan sibuk dengan aktivitas tertentu hingga melupakan tugas utamanya yaitu melakukan kontrol atau pengawasan demi lancarnya operasional restoran.


4. Pilih kasih
Supervisor harus selalu dapat melihat, menilai, dan berpikir objective. Jangan sampai pilih kasih berdasrkan rasa suka dan tidak suka kepada seorang karyawan. Jika seorang supervisor pilih kasih dengan alasan apapun, dijamin, tidak akan ada karyawan yang menaruh respect atau hormat kepadanya. Jika sudah demikian, apapun yang diperintahkan supervisor akan dilaksanakan dengan setengah hati atau bahkan akan mendapat perlawanan dari karyawan.

5. Pelit promosi
Kesuksesan kita adalah saat kita bisa membuat orang lain sukses. Jika seorang supervisor melihat ada seorang karyawan yang memiliki kinerja yang bagus dan layak untuk dipromosikan, maka segera lah promosikan karyawan tersebut sesuai dengan prosedur yang ada. Jika supervisor pelit promosi atau tidak mau mempromosikan karyawannya yang sudah memberikan seluruh kemampuan terbaiknya, kontribusi, dan semangat kerja nya, namun tidak jua dipromosikan, maka bisa saja karyawan tersebut akan memilih keluar dan bekerja di tempat atau restoran lain.

Anda juga bisa membaca artikel : Menjadi Supervisor Teladan

Itulah 5 kesalahan supervisor restoran yang harus dihindari. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi anda yang saat ini bekerja sebagai seorang supervisor restoran agar tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang bisa merugikan anda dan restoran tempat dimana anda bekerja. Selamat berperestasi.

5 Kesalahan Supervisor Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.