2/27/2015

Tips Sukses Usaha Restoran

Yani Melita  |  at  2/27/2015  |   |  No comments

Usaha di bidang restoran memang sangat banyak diminati berbagai kalangan. Selain karena semua orang butuh makan dan minum yang berarti peluang besar untuk usaha restoran, keuntungan yang diperoleh dari usaha di bidang restoran pun terbilang cukup besar. Namun begitu, karena banyak orang yang berminat untuk menekuni jenis usaha yang satu ini, maka persaingan pun menjadi semakin ketat. Disinilah pemilik restoran membutuhkan tips sukses usaha restoran yang bisa membuat restoran nya bisa bersaing dengan restoran lainnya atau bahkan menjadi restoran favorite di antara restoran lainnya.

Bagaimana cara agar restoran anda bisa sukses atau bahkan menjadi restoran favorite? mari teruskan membaca artikel ini yang memang saya tulis untuk anda di mana saya akan tuliskan beberapa tips sukses usaha restoran yang mungkin bisa membantu anda dalam memajukan restoran anda.

Berikut adalah beberapa tips sukses usaha restoran :

1. Adaptasi dengan perubahan
Amati apa yang terjadi di lingkungan restoran anda, misalnya jika di sekitar restoran anda dibangun sebuah hotel baru, maka hotel baru dan para tamu nya  tersebut adalah prospek yang harus anda masukan dalam daftar target pasar restoran anda. Atau jika ada moment-moment tertentu seperti hari raya idul fitri dan lainnya, maka segeralah persiapkan promo marketing apa yang cocok untuk anda terapkan di restoran anda dalam moment tersebut yang bertujuan sebagai promosi dalam menjaring pelanggan baru.

2. Kenali kompetitor
Anda harus tau apa yang menjadi nilai lebih kompetitor restoran anda. Disini bukanlah bermaksud jahat atau melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum atau norma dan agama. Anda hanya harus tau apa nilai lebih kompetitor agar anda dan restoran anda bisa terus berbenah. Buatlah analisa mengenai apa nilai lebih dari kompetitor restoran anda, apakah harga nya yang murah atau  kualitas masakannya yang enak atau tempat nya yang nyaman dan bersih atau karena ada discount tertentu yang dijalankan oleh marketing nya. Jika anda sudah mendapatkan kesimpulan atau jawabannya, maka segera lah ambil tindakan perbaikan untuk restoran anda.

3. Miliki menu favorite
Restoran anda harus memiliki satu atau beberapa menu favorite yang bisa menjadi nilai jual utama restoran anda. Tanpa menu favorite, restoran anda hanyalah sebuah restoran biasa saja meskipun dibalut dengan bangunan yang mewah atau pelayanan yang apik. Ingat, restoran adalah tentang bisnis makanan, jadi milikilah satu atau beberapa menu favorite.


4. Bentuk ciri khas restoran
Buatlah restoran anda menjadi sebuah restoran dengan ciri atau karakter khusus sehingga mudah diingat orang atau konsumen. Ciri khas yang unik bisa mulai dari nama restoran, bentuk atau konsep bangunan restoran, pelayanan, menu, nama menu, ornamen yang menempel di dinding restoran dan sebagainya. Banyak ragam dan cara untuk menjadi unik. Pilihlah satu yang anda yakini akan memikat hati tamu atau konsumen untuk datang ke retoran anda

5. Tim marketing yang kuat
Ini adalah penyempurna dari keempat point di atas. Dengan tim marketing yang kuat dalam artian solid, kreatif, dan konsisten akan sangat membantu restoran anda untuk bisa bersaing atau bahkan menjadi restoran favorite di antara restoran lainnya.

Anda juga bisa membaca artikel : Langkah Awal Pembentukan Tim Marketing Restoran

Itulah beberapa tips sukses usaha restoran yang bisa anda terapkan di restoran anda.

Demikian artikel tips sukses usaha restoran. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda yang tengah berusaha dalam memajukan restoran.

Tips Sukses Usaha Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.