Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Tips Mengusir Lalat di Restoran

Salah satu penyebab terjadi nya complaint atau keluhan tamu di restoran adalah banyak nya lalat yang mengganggu acara makan tamu atau pelanggan restoran. Gangguan lalat sangat sering terjadi terutama  di restoran yang menggunakan konsep terbuka. Banyak cara yang dilakukan pihak restoran dalam mengusir atau mencegah datang nya lalat di area restoran. Sering terjadi tamu tidak jadi memesan menu saat melihat di meja dan kursi restoran terlihat banyak lalat yang beterbangan. Tamu bisa beranggapan bahwa pihak restoran kurang serius menjaga kebersihan. Untuk itu, di artikel ini saya ingin berbagi tips mengusir lalat di restoran yang bisa anda terapkan di restoran anda.

Berikut beberapa tips mengusir lalat di restoran yang bisa anda lakukan :

1. Jaga kebersihan sanitasi restoran
Membiarkan lingkungan restoran kotor sama hal nya dengan mengundang lalat untuk datang. Buatlah program general cleaning untuk restoran anda sekali dalam sebulan secara konsisten. Tugaskan satu orang dari petugas M&FC (maintenance & fasility control) atau petugas cleaning service restoran anda untuk membersihkan saluran air setiap hari. Gunakan air panas untuk melarutkan lemak dari air limbah produksi restoran setiap closing atau tutup restoran.

2. Lakukan clear up segera setelah tamu meninggalkan restoran
Segera lakukan clear up meja tamu dari piring dan gelas kotor jika tamu telah selesai makan dan meninggalkan area restoran. Perhatikan juga kebersihan lantai dari remah-remah makanan yang mungkin terjatuh pada saat tamu makan dan minum. Lap meja tamu sampai bersih dan kering, jika perlu semprotkan chemical khusus yang beraroma harum jeruk yang tidak disukai lalat.

3. Gunakan kipas angin
Kipas angin dapat mengusir lalat karena gerak terbang lalat terganggu dengan adanya kipas angin. Perlu diperhatikan untuk kipas angin agar tidak terlalu kencang di sekitar nya jika ada tamu yang membawa anak kecil. Waiter harus sigap dalam hal ini.

4. Gunakan lilin
Jika masih ada lalat yang beterbangan di sekitar tamu, maka anda bisa mencoba untuk meyalakan lilin dan menaruhnya di meja tamu. Api lilin dapat menjauhkan lalat. Gunakan candle glass agar terlihat rapi dan cantik.



5. Bakar kopi
Bakarlah bubuk kopi dengan cara menaruh bubuk kopi di atas kertas dan letakan di sudut-sudut ruangan restoran. Bakar kertas dan matikan api nya hingga menimbulkan asap berbau wangi kopi yang tidak disukai lalat.

6. Jadwalkan penyemprotan lalat dengan obat anti lalat
Buatlah jadwal penyemprotan lalat di jam-jam tertentu, misalnya pada pagi hari saat buka restoran, mejelang makan siang, dan pada sore hari sekitar jam 5 sore. Lakukan dengan konsisten. Cara ini cukup ampuh dalam mengusir lalat di restoran. Untuk obat anti lalat, silahkan anda tantukan sendiri jenis atau merk nya. Banyak obat anti lalat yang dijual di pasaran saat ini. Yang perlu diperhatikan adalah cara penyemprotannya, jangan sampai mengenai tamu, makanan, dan minuman. Buatlah pelatihan khusus bagaimana prosdur penyemprotan lalat yang benar.

Anda juga bisa membaca artikel : Prosedur Penggantian Minuman Terkena Lalat

Selain cara-cara di atas, sebenarnya masih banyak cara yang bisa anda lakukan untuk dapat mencegah atau mengusir lalat di restoran. Namun, enam cara di atas, jika dilakukan secara konsisten akan sangat efektif dalam menjauhkan lalat dari area restoran anda.

Lingkungan restoran yang bersih dan bebas lalat akan membuat tamu merasa nyaman selama menikmati makanan dan minuman di restoran anda. Ini merupakan satu nilai positif restoran yang akan membuat restoran anda selalu menjadi tujuan utama konsumen untuk bersantap.

Demikian artikel tips mengusir lalat di restoran yang bisa anda terapkan di restoran anda. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top