--> Skip to main content

Konsep Restoran Unik dan Kreatif

Berbagai trik marketing dilakukan untuk dapat mengundang minat tamu atau pengunjung restoran. Salah satu nya adalah dengan konsep restoran yang dibuat unik dan kreatif. Cara ini sangat efektif dalam mendatangkan pengunjung restoran karena selain bersantap, tamu juga bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama berada di restoran.

Perlu dicatat bahwa penerapan konsep ini akan lebih baik jika  anda mempersiapkannya dari awal anda membangun restoran. Jika anda membuat sebuah konsep baru dari sebuah restoran yang sudah anda kelola dan berjalan, maka akan lebih banyak biaya yang diperlukan dan kemungkinan kegagalan penerapan konsep baru lebih besar. Prinsip nya lebih mudah untuk anda memutuskan memakai sebuah konsep dari awal anda membangun restoran daripada mengubah konsep yang sudah dan sedang berjalan.

Apa saja konsep restoran  unik dan kreatif  yang bisa anda jalankan?
Berikut adalah beberapa contoh konsep restoran unik dan kreatif  yang ada di dunia, mungkin salah satu nya bisa memberikan inspirasi untuk anda dalam menciptakan konsep restoran versi anda sendiri :

1.Pelanggan masak sendiri
Tamu atau pelanggan dipersilahkan untuk memasak sendiri, dengan kata lain meminjamkan kitchen kepada tamu untuk memasak agar sesuai dengan selera nya masing-masing. Tamu bisa meracik bumbunya sendiri sesuai seleranya. Koki restoran bertugas untuk membatu tamu memasak.

2.Open garden
Restoran dibuat senyaman mungkin dengan memperbanyak tanaman hijau yang asri dan rindang. Konsep ini sangat mengutamakan kenyamanan tamu restoran. kebersihan restoran sangat dijaga dengan baik.

3. Konsep Rumah Sakit
Suasana dan aksesoris restoran dibuat seperti dalam gedung atau kamar rumah sakit. Kursi makan diserupakan dengan kursi roda yang identik dengan rumah sakit. Waiter nya berpakaian seperti suster atau pegawai rumah sakit.

4. Konsep Robot
Penyajian makanan ke meja tamu dilakukan oleh robot. Pemesanan menu disediakan di atas meja tamu dengan mesin otomatis. Jadi, tamu memesan makanannya via komputer yang terdapat di meja nya.

5. Konsep Toilet
Semua alat saji yang digunakan dibuat serupa dengan toilet atau closet. Begitu juga dengan kursi yang disediakan diserupakan dengan closet.

6. Konsep Cermin
Atap restoran dibuat sama persis dengan lantai restoran. Misalnya untuk kursi, ada kursi yang dipakai oleh tamu untuk duduk yang berada di lantai, dan ada kursi yang berada di atap dengan posisi terbalik. 

7. Konsep Ninja
Pelanggan disambut dengan kejutan ninja lengkap dengan senjata nya. Tentu saja bukan untuk melukai, tapi untuk menghibur pelanggan dan menciptakan unsur kejutan. Semua waiter nya berpakaian hitam seperti ninja.

8. Konsep Horor
Restoran dibuat menyeramkan dengan misalnya dibangun bangunan mirip kuburan, dekorasi hantu sampai kejutan  yang menyeramkan. Nama menu pun bisa dibuat dengan nama yang menyeramkan.

9. Konsep Sulap
Waiter mengenakan penutup mata dan menyajikan makanan ke meja tamu. Banyak hiburan sulap dengan kartu dan bahkan menjual alat-alat sulap. Waiter dan waiteress nya sangat pandai bermain sulap.

10. Konsep Bendera
Semua bagian restoran di hias dengan suatu bendera negara tertentu, begitu juga dengan meja, kursi dan pakaian waiter nya.

11. Konsep terapung 
Tempat makan dibuat berada terapung di atas air. Jadi seperti rumah yang terapung yang dibuat untuk makan dan minum. Konsep ini bisa anda temu di restoran Pringsewu Sumpiuh di jawa tengah.


12. Konsep Kabin
Suasana makan dibuat seperti dalam sebuah kabin pesawat. Meja dan kursi dibuat persis seperti dalam kabin sebuah pesawat terbang.

Demikian beberapa konsep restoran unik dan kreatif yang bisa anda pelajari untuk mengembangkan kreatifitas anda dalam membangun dan menjalankan restoran.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar