--> Skip to main content

Cara Merawat Sapu dan Pel Lantai Agar Tidak Cepat Rusak

Artikel yang saya tulis ini terbilang sangat sederhana, tapi sebenarnya sangat penting dalam operasional restoran. Seperti kita ketahui, sapu dan pel lantai adalah alat kerja restoran yang sangat penting bagi crew restoran dalam menjaga kebersihan restoran. Namun dalam penggunaannya, terkadang mengabaikan perawatan sehingga alat kerja seperti sapu dan pel lantai sangat mudah rusak dan harus menggantinya dengan membeli baru. Dalam konsep restoran yang baik, hal ini seharusnya bisa dihindari dengan cara melakukan perawatan sapu dan pel lantai agar tidak cepat rusak.

Seringkali kita temukan sapu yang ujungnya sudah melinting ke arah kanan atau ke kiri atau bahkan terbelah menjadi dua bagian. Sering juga kita jumpai pel lantai yang kotor, hitam, dan berbau tidak sedap yang tetap dipakai untuk mengepel lantai, alhasil, bukannya lantai restoran menjadi bersih dan wangi, malah menjadikan lantai berbau tidak sedap dan kotor di mana-mana. Ini terjadi karena, lantai yang sudah kotor, kemudian diratakan dengan pel lantai yang juga kotor.


Lalu bagaimana cara merawat sapu dan pel lantai agar tidak cepat rusak?
Berikut adalah beberapa cara perawatan sederhana yang bisa kita lakukan agar sapu dan pel lantai tidak cepat rusak :

1. Lakukan pencucian sapu dan pel lantai setiap closing 
Pencucian sapu dilakukan dengan cara menyiramnya dengan air panas kemudian disikat dan dibilas dengan air detergen hingga bersih. Untuk pel lantai, rendamlah terlebih dahulu pel yang kotor ke dalam air panas  yang telah diberi bubuk detergen di dalam sebuah ember atau wadah. Diamkan selama 20 menit, kemudian kucek dan peras pel lantai mininal dua kali dan bilas kemudain keringkan.

Saat pagi, sapu dan pel lantai telah kering dan siap digunakan kembali. Aktifitas pencucian sapu dan pel lantai ini harus dilakukan secara konsisten setiap closing atau tutup restoran.

2. Tempatkan sapu dan pel lantai dengan cara digantung
Buatlah sebuah alat yang bisa digunakan untuk menggantung sapu dan pel lantai. Sederhananya, tancapkanlah sebuah paku yang cukup kuat ke dinding untuk bisa mengaitkan ujung sapu dan pel lantai agar bisa digantung. Dengan cara digantung, bentuk ujung sapu tidak akan berubah menjadi miring ke kiri atau ke kanan atau bahkan terbelah dua. Untuk pel lantai, dengan posisi digantung, maka air akan jatuh ke bawah dengan sempurna sehingga pel  lantai bisa cepat kering.

Demikian artikel cara merawat sapu dan pel lantai agar tidak cepat rusak. Semoga artikel sederhana ini bisa membantu dalam perawatan alat kerja restoran seperti sapu dan pel lantai.

Dengan lantai restoran yang selalu  bersih, diharapkan pengunjung atau tamu restoran merasa nyaman selama makan dan minum di restoran kita. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar