2/22/2015

Cara Menangani Acara Rapat Tamu di Restoran

Yani Melita  |  at  2/22/2015  |   |  No comments

Selain hanya untuk makan  dan minum, ada juga tamu atau pelanggan restoran yang datang ke restoran untuk suatu acara tertentu seperti rapat, arisan, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, dan acara lainnya. Untuk menangai acara-acara tersebut di atas, maka crew restoran dituntut untuk memiliki kemampuan dalam proses penanganan nya. Karena jika crew restoran tidak bisa menangani nya dengan baik, maka bisa jadi acara yang diadakan tamu tidak bisa berjalan dengan baik yang pada akhirnya menimbulkan complaint atau keluhan tamu, jika ini terjadi, bisa saja tamu atau pelanggan tidak akan menggunakan restoran kita lagi dalam melangsungkan acara nya.
 
Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah bagaimana cara menangani acara rapat tamu di restoran. Berikut adalah cara menangani acara rapat tamu di restoran : 

1. Tanyakan layout ruangan rapat yang diinginkan 
Pada saat taking order, mintalah penjelasan dari tamu atau pemesan mengenai layout seperti apa yang diinginkan oleh tamu untuk acara rapat atau meeting nya nanti. Misalnya jika dalam meeting nanti tidak dibutuhkan meja, berarti layout ruangannya adalah theater sytle dimana tamu atau peserta rapat yang hadir hanya menggunakan kursi berderet yang disediakan untuk duduk tanpa meja.

2. Tanyakan untuk berapa orang
Jumlah orang yang diundang atau perkirakan peserta rapat yang akan hadir harus sudah ditentukan sejak awal agar nanti nya tidak merepotkan crew restoran. Kesalahan dalam memperkirakan jumlah peserta rapat akan sangat merepotkan crew restoran terutama apabila terjadi penambahan peserta dalam jumlah yang signifikan di saat acara rapat akan segera berlangsung. Hal ini juga berhubungan dengan luas ruangan yang dipakai, jumlah snack, dan meeting kit untuk peserta yang akan dipersiapkan oleh pihak atau crew restoran. 


3. Tanyakan kapan coffee break dan menu utama disajikan
Jika ada jeda dalam acara meeting (coffee break), crew restoran harus tau kapan jeda akan dilangsungkan agar bisa dipersiapkan dengan baik. Begitu juga dengan acara makan bersama dengan menu utama (jika ada).

4. Persiapkan lay out acara rapat tamu paling lambat 3 (tiga) jam sebelum acara rapat dimulai
Persiapan terbaik untuk lay out adalah pada malam hari sebelum acara rapat tamu restoran diadakan esok hari nya. Namun jika karena suatu hal memaksa crew restoran untuk tidak bisa melakukannya karena tingkat keramaian restoran atau faktor lainnya, maka siapkan lah lay out acara rapat tamu paling lambat tiga jam sebelum acara berlangsung. 

5. Standby kan 1 (satu) orang crew restoran untuk membantu
Hal ini dimaksudkan agar jika ada gangguan pada saat rapat berlangsung, bisa segera ditangani oleh crew yang sudah disiagakan untuk membantu. Misalnya saat terjadi gangguan pada microfon atau hal lainnya.

Demikian artikel cara menangani acara rapat tamu di restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Menangani Acara Rapat Tamu di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.