--> Skip to main content

Cara Menangani Acara Rapat Tamu di Restoran

Selain untuk makan  dan minum, ada juga tamu atau pelanggan restoran yang datang ke restoran untuk suatu acara tertentu seperti rapat, arisan, ulang tahun dan pesta pernikahan. Dalam hal ini, crew restoran dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menanganinya.

Jika crew restoran tidak bisa menangani dengan baik, maka bisa jadi acara yang diadakan tidak bisa berjalan dengan baik dan bisa menimbulkan complaint atau keluhan tamu. Jika ini terjadi, sangat mungkin tamu atau pelanggan tidak akan menggunakan restoran kita lagi dalam melangsungkan acaranya.
 
Yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah bagaimana cara menangani acara rapat tamu di restoran.

Berikut adalah cara menangani acara rapat tamu di restoran : 

1. Tanyakan layout ruangan rapat yang diinginkan 
Pada saat taking order, tanyakanlah kepada tamu atau pemesan mengenai layout seperti apa yang diinginkan untuk acara rapat nanti. Misalnya jika dalam rapat nanti tidak dibutuhkan meja, berarti layout ruangannya adalah theater sytle di mana tamu atau peserta rapat yang hadir hanya menggunakan kursi berderet yang disediakan untuk duduk tanpa meja.

2. Tanyakan untuk berapa orang
Jumlah orang yang diundang atau perkirakan peserta rapat yang akan hadir harus sudah ditentukan sejak awal. Kesalahan dalam memperkirakan jumlah peserta rapat akan sangat merepotkan crew restoran terutama jika terjadi penambahan peserta dalam jumlah signifikan saat acara rapat akan segera berlangsung. Hal ini juga berhubungan dengan luas ruangan yang dipakai, jumlah snack, peralatan dan meeting kit untuk peserta yang harus dipersiapkan oleh crew restoran. 


3. Tanyakan kapan coffee break dan menu utama disajikan
Jika ada jeda dalam acara meeting (coffee break), crew restoran harus tau kapan jeda akan dilangsungkan agar bisa dipersiapkan dengan baik. Begitu juga dengan acara makan bersama dengan menu utama.

4. Persiapkan layout acara rapat tamu paling lambat 3 (tiga) jam sebelum acara rapat dimulai
Persiapan terbaik untuk layout adalah pada malam hari sebelum acara rapat tamu restoran diadakan esok harinya. Namun jika karena suatu hal memaksa crew restoran untuk tidak bisa melakukannya karena tingkat keramaian restoran atau faktor lainnya, maka siapkanlah layout acara rapat paling lambat 3 jam sebelumnya. 

5. Siagakan 1 (satu) orang crew restoran untuk membantu
Hal ini dimaksudkan agar jika ada gangguan pada saat rapat berlangsung, bisa segera ditangani oleh crew yang sudah disiagakan untuk membantu. Misalnya saat terjadi gangguan pada microfon atau hal lainnya.

Demikian artikel tentang cara menangani acara rapat tamu di restoran. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar