2/02/2015

Cara Memasang Skirting Meja Prasmanan

Dias Izdihar  |  at  2/02/2015  |   |  No comments

Dalam pelayanan Restoran dikenal istilah Buffet atau Prasmanan yaitu metode pelayanan makanan dengan cara melayani sendiri (self service) dimana makanan dan minuman sudah ditata rapi dan menarik sedemikian rupa sehingga menarik tamu atau pengunjung Restoran untuk menikmatinya.

Disini yang akan kita ulas adalah bagaimana cara memasang skirting meja prasmanan. Teknik ini sangat diperlukan oleh waiter dan waiteress saat akan menyiapkan meja buffet atau meja prasmanan agar terlihat rapi dan menarik.

Beberapa peralatan yang harus dipersiapkan untuk memasang skirting meja prasmanan adalah sebagai berikut :

1. Meja 
Meja bisa berupa Square Table atau meja persegi dan Round Table atau meja bundar. Pilih meja berbahan kayu dengan tekstur yang tidak terlalu keras supaya mudah saat melakukan pemasangan dengan bantuan paku payung.

2. Paku Payung
 Digunakan untuk mengkaitkan kain ke meja


3. Jarum Pentul
Jarum pentul diperlukan untuk mengkaitkan kain ke satu simpul ke simpul kain yang lain saat pemasangan skirting untuk membuat bentuk yang rapi dan menarik sesuai kreasi yang diinginkan.

4. Molton
Molton ialah kain yang bentuknya lebih kecil dari taplak meja (table cloth), adapaun fungsi molton adalah untuk melindungi meja terhadap panas sehingga tidak merusak warna atau plitur meja makan dan sekaligus sebagai peredam suara yaitu untuk mengurangi bunyi piring dan alat-alat penghidang lain pada waktu diletakkan di atas meja.

Anda juga bisa membaca artikel : Fungsi Moulton dan Cara Menggunakannya

5. Taplak Meja
Gunakan taplak meja yang bersih dan berwarna sejuk atau cerah, misalnya kuning gading atau hijau muda.

6. Skirting 
Skirting adalah kain yang berfungsi untuk menutup kaki meja makan agar terlihat indah. Pilihlah warna skirting yang cocok atau padu padan dengan warna taplak meja yang akan digunakan.

Setelah semua bahan disiapkan, dilanjutkan dengan  memasang skirting meja prasmanan sebagai berikut :
1. Pasanglah Molton 
2. Pasang Taplak Meja
3. Pasang Skirting mulai dari satu sudut meja, bebas dari sudut mana saja. Tancapkan paku payung untuk menguatkan posisinya. Setelan itu sambungkan dengan sudut meja yang lain dan tancapkan lagi paku payung untuk menguatkan posisinya. Lakukan ke semua sudut meja sampai semua meja terbungkus rapi dengan skirting. Tambahkan paku payung di beberapa titik untuk menguatkan posisi skirting agar skirting tidak jatuh atau melorot ke bawah.
4. Jaga jarak ujung skirting dengan lantai, jangan sampai ujung kain menyentuh lantai. 
5. Pastikan semua kaki meja tertutupi dengan baik oleh skirting.
6. Buatlah lipatan yang menarik dengan bantuan jarum pentul sesuai dengan kreasi yang diinginkan
7. Selesai.
Demikian cara memasang skirting meja prasmanan. Semoga bermanfaat.

Cara Memasang Skirting Meja Prasmanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.