Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Agar Pesanan Tamu Tidak Terlambat Diantar

Salah satu keluhan atau complaint tamu yang sering terjadi di restoran adalah pesanan yang datang terlambat. Bahkan di beberapa kasus, tamu menjadi marah dan meninggalkan pesananannya. Jika hal seperti ini sering terjadi, sangat mungkin restoran anda akan ditinggalkan oleh semua pelanggan anda. Untuk menghindari hal ini, anda harus segera melakukan pembenahan berupa beberapa tindakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan anda terutama dalam hal pengantaran atau penyajian pesanan.

Apa yang harus dilakukan agar pesanan tamu dapat diantar tepat waktu atau tidak terlambat.
Berikut adalah cara agar pesanan tamu tidak terlambat diantar :

1. Buatlah standart waktu masak hingga penyajian
Misalnya untuk sayur capcay, berapa waktu standart nya dari mulai masak capcay hingga penyajian capcay di meja tamu. Buatlah catatan standart waktu masak hingga penyajian secara detail dan tempel lah di dinding area kitchen agar koki dan semua staff kitchen bisa selalu ingat terhadap standart tersebut untuk dapat mengkondisikan kinerja semua staff kitchen dalam membuat atau mengerjakan pesanan.

2. Informasikan kepada tamu mengenai berapa lama pesanannya akan diantar.
Hal ini sangat diperlukan untuk memberikan tamu pengertian bahwa crew restoran akan bisa menyajikannya dalam standart waktu yang telah ditentukan. Tidak bisa lebih cepat, juga berkomitment untuk tidak terlambat, Apalagi misalnya tamu memesan menu dengan request khusus, sampaikan kepada tamu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat menyajikannya agar tamu bersedia menunggu hingga pesanan nya datang.

3. Buatlah training memasak setiap bulan
Dengan program training atau pelatihan memasak yang rutin dilakukan, skill atau kemampuan memasak setiap koki akan terasah dengan baik. Selain itu dengan adanya training memasak setiap bulan, kontrol kualitas menu dapat dilakukan

4. Buatlah training Service setiap bulan
Ingat, bahwa meskipun staff kitchen mempunyai skill yang baik, namu jika crew yang berada di garis depan (frontliner) seperti waiter dan kasir kurang kompeten dalam pekerjaannya, misalnya, sering salah dalam mencatat pesanan, ini akan membuat pesanan terlambat diproses oleh koki yang pada akhir nya juga bisa menyebabkan terlambat nya pesanan tamu.

5. Biasakan konfirmasi antar bagian
Hal ini sangat penting untuk kelancaran komunikasi antar bagian dalam restoran. Buka komunikasi dan biasakan berkoordinasi dengan baik. Kebiasaan berkoordinasi akan menjadikan kerja sama antar bagian semakin solid yang pada akhir nya memperlancar pekerjaan termasuk dalam proses handle atau penanganan pesanan tamu restoran

Demikian beberapa cara agar pesanan tamu tidak terlambat diantar atau disajikan. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top