Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

7 Perlengkapan Wajib Waiter

Dalam melakukan tugas nya dalam operasional restoran, seorang waiter harus memiliki beberapa perlengkapan yang bisa menunjang kelancaran dalam melakukan tugas nya sebagai seorang waiter. Perlengkapan waiter ini sangat penting karena jika ada dari salah satu perlengkapan waiter yang kurang, maka waiter tidak akan bisa melaksanakan tugas nya dengan maksimal. Perlengkapan waiter yang dimaksud disini bisa berupa hal teknis atau non teknis dan peralatan yang menunjang kelancaran operasional seorang waiter di restoran.

Apa saja perlengkapan waiter yang dibutuhkan?
Berikut adalah beberapa 7 perlengkapan wajib waiter yang harus dimiliki seorang waiter dalam operasional restoran :

1. Service knowledge
Sebagai bagian dari tim service, seorang waiter harus melengkapi dirinya dengan berbagai pengetahuan service atau service knowledge, adapun beberapa service knowledge yang harus dimiliki seorang waiter antara lain : tugas waiter, prosedur pelayanan, dan cara menangani complaint pelanggan 

2. Product Knowledge
Seorang waiter juga harus menguasai product knowledge meskipun untuk level paling dasar sekalipun. Ini sangat penting dalam menjaga citra professionalisme seorang waiter. Salah satu contoh, waiter harus bisa menjawab dengan jelas dan akurat jika saat taking order, tamu bertanya mengenai komposisi menu dan porsi menu makanan.

3. Skill communication
Kemampuan berkomunikasi dengan baik mutlak diperlukan untuk menjadi seorang waiter. Kemampuan berkomunikasi dengan baik akan meminimalkan kesalahan, meningkatkan penjualan karena komunikatif, dan memberikan citra yang baik untuk waiter bersangkutan dan restoran tempatnya bekerja. Kemampuan berkomunikasi diperoleh dengan latihan secara konsisten saat berinteraksi dengan tamu atau pelanggan restoran. Jadi, janganlah sungkan untuk beramah tamah dengan tamu atau menawarkan menu dan aktivitas komunikasi lainnya dengan tamu karena melalui proses inilah skill communication waiter bisa terus terasah dengan baik.

4. Pulpen
Pulpen harus selalu ada dalam apron atau saku waiter. Pulpen berguna untuk mencatat pesanan saat taking order atau mencatat hal-hal penting yang terjadi selama operasional.

5. Bottle Opener
Bottle opener atau pembuka botol juga merupakan salah satu kelengkapan waiter yang harus ada dalam saku apron waiter. Ini berfungsi untuk membuka tutup botol minuman di meja tamu.


6. Korek Api
Berfungsi untuk menyalakan lilin untuk mengusir lalat yang mengganggu tamu saat tengah bersantap. Korek api juga dipakai untuk menyalakan sterno yang berfungsi untuk menghangatkan hidangan yang tersaji secara buffet.

7. Catatan kecil
Waiter dianjurkan untuk mempunyai sebuah catatan kecil yang bisa berupa buku kecil yang bisa dimasukan ke dalam saku apron. Berfungsi untuk mencatat hal-hal penting yang terjadi selama operasional misalnya adanya complaint tamu, kesalahan dalam operasional dan lainnya. Catatan waiter bisa menjadi evaluasi untuk perbaikan kedepannya.

Itulah 7 perlengkapan wajib waiter yang menunjang lancarnya operasional waiter di restoran.Dengan 7 perlengkapan wajib waiter ini diharapkan waiter tidak hanya siap secara fisik tapi juga siap secara mental dan kemampuan termasuk dengan alat kerja yang diperlukan.

Demikian artikel 7 perlengkapan wajib waiter. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top