2/13/2015

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Kasir Restoran

Yani Melita  |  at  2/13/2015  |   |  No comments

Dalam operasional kasir, sering dijumpai kesalahan-kesalahan yang bisa menimbulkan kerugian materi dan bahkan complaint atau keluhan pelanggan restoran. Untuk menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut kita perlu mengetahui apa saja jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh kasir restoran sehingga bisa sedini mungkin melakukan langkah antisipasi dan pengarahan kepada staff kasir yang bekerja di restoran kita.

Dengan pengarahan yang baik melalui sosialisasi dalam forum briefing maupun meeting staff kasir, diharapakan pemahaman kasir terhadap kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dilingkungan kerja mereka dapat dihindari.

Apa saja kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh kasir restoran?
Berikut adalah 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh kasir restoran :

1. Tidak atau kurang ramah
Inilah kesalahan kasir  yang paling sering terjadi, di saat kondisi restoran ramai, kasir sering kali tidak bisa mengontrol emosi nya dengan baik. Dalam kasus ini, ada kasir yang menunjukan wajah tanpa senyum, cemberut atau bahkan sampai berkata ketus atau judes.

2. Tidak mengulang pesanan 
Konfirmasi atau mengulang pesanan pelanggan pada saat melakukan transaksi bersifat harus atau wajib. Jika kasir sampai teledor tidak melakukannya, alhasil, akan terjadi kesalahan pesanan yang berujung pada pembatalan pesanan atau bahkan complaint pelanggan.

3. Tidak atau kurang informatif
Seorang kasir dituntut untuk menjadi seorang yang informatif ; mampu menerangkan dengan jelas tentang menu yang dijual, program marketing yang sedang berjalan, dan sebagainya. Jika saat ditanya oleh pelanggan kasir tidak bisa menjawab atau bahkan berkata tidak tau, maka citra restoran kita menjadi taruhannya.

4. Tidak atau kurang hati-hati dalam mengembalikan dan menghitung uang
Umumnya, staff kasir yang masih baru pernah mengalami hal ini, untuk itu selalu lah berikan peringatan kepada semua staff kasir untuk berhati-hati dalam memberikan uang kembalian atau pun menghitung uang yang diberikan oleh tamu. Usahakan untuk selalu menghitung uang kembalian dua kali, yaitu pada saat mengambil uang dari laci atau drawer dan pada saat memberikannya kepada pelanggan.

5. Tidak atau kurang hati-hati dalam memperhatikan keaslian uang
Dewasa ini sering dijumpai banyak beredar uang palsu yang secara sekilas tampak sangat mirip dengan uang asli. Untuk itu dalam kondisi seramai apapun seorang kasir harus tetap hati-hati saat menerima uang dari tamu atau pelanggan restoran. Meskipun kasir sudah dilengkapi dengan lampu ultra violet atau money detector, penggunaan teknik 3 D (diraba, dilihat, diterawang) tetap cara yang paling efektif dalam menghindari kerugian karena kasus uang palsu.

Demikian 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh kasir  restoran. Semoga bermanfaat.

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Kasir Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yani Melita

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.