Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Prosedur Penggantian Minuman Terkena Lalat

Kadang terjadi hal yang tidak diharapkan dalam operasional, misalnya saja, Minuman Es Jeruk yang baru saja disajikan dimeja tamu kejatuhan atau terkena lalat. Ini sering terjadi di restoran yang menggunakan konsep Open Garden. Kondisi terbuka sangat memungkinkan lalat beterbangan dan bisa saja masuk atau terjatuh ke dalam makanan dan minuman yang disajikan di meja tamu. Dalam artikel ini, Restofocus akan menguraikan tentang bagaimana prosedur penggantian minuman yang terkena lalat.

Sederhananya jika seorang waiter di restoran ditanya tentang bagaimana prosedur penggantian minuman yang terkena lalat, mungkin bisa saja dijawab dengan simple : ambil minuman yang kejatuhan lalat di meja tamu, bawa ke barista, dan ganti dengan minuman baru. Apakah benar sesederhana itu? mari kita uraikan dengan seksama.


Saat terjadi keluhan (complaint) dari tamu mengenai minuman yang dipesannya kejatuhan atau terkena lalat, maka dengan mengacu jawaban sedehana diatas, prosesnya akan menjadi seperti ini :

Tamu : "mas, es jeruk nya ada lalat nya ini !"
Waiter : "Mohon maaf pak, kami ganti dengan yang baru segera"
(Waiter dengan sigap mengambil es jeruk yang ada lalatnya dari meja tamu dan membawanya ke belakang atau ke Barista. Setelah beberapa menit, Waiter pun datang lagi sambil membawa es jeruk yang baru dan memberikannya kepada tamu).

Dari contoh deskripsi di atas, jika kita yang menjadi  tamunya, mungkin kita akan bertanya-tanya atau curiga : "jangan-jangan ini es jeruk yang tadi, hanya dibuang lalat nya saja di belakang sana!"

Ok, mulai clear?

Jadi ada yang salah dalam prosedur penggantian minuman yang terkena lalat jika kita mengacu pada deskripsi di atas?. Sekarang bagaimana prosedur penggantian minuman terkena lalat yang benar?

Berikut adalah cara atau prosedur penggantian minuman yang terkena lalat :

1. Saat ada tamu yang meminta minumannya diganti karena terkena atau kejatuhan lalat, maka sampaikan permohonan maaf dan katakan akan segera dilakukan penggantian minuman, namun, jangan langsung mengangkat minuman yang kejatuhan lalat tersebut dari meja tamu dan membawanya ke belakang atau ke barista. Hal ini dimaksudkan untuk menyakinkan tamu bahwa minuman baru yang nanti akan disajikan adalah benar-benar minuman baru dan bukan minuman yang terkena lalat tadi dengan hanya membuang lalatnya saja.

2. Segera minta minuman pengganti ke Barista dan bawakan ke meja tamu.
Berikan lah minuman baru kepada tamu dengan tidak lupa meminta maaf.

3. Angkat atau ambil minuman yang terkena lalat dan bawa ke belakang. Bisa juga dengan menuangkan minuman yang terkena lalat ke dalam plastik dan membuangnya langsung ke tempat sampah agar tamu mengetahui dengan yakin bahwa kita benar-benar membuang minuman yang terkena lalat. Namun metode ini agak kurang baik dari segi etika.

Anda juga bisa membaca artikel : Tips Mengusir Lalat di Restoran

Demikian cara atau prosedur penggantian minuman yang terkena lalat. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top