1/29/2015

Cara Meningkatkan Pengunjung Restoran

Dias Izdihar  |  at  1/29/2015  |   |  2 comments

Jika restoran anda mengalami penurunan jumlah pengunjung, tentu bisa berpengaruh terhadap sales atau penjualan restoran anda. Menurunnya jumlah pengunjung bisa terjadi karena berbagai hal, misalnya saja karena di lingkungan restoran anda telah dibuka beberapa restoran atau jenis usaha kuliner yang lain. Disini anda harus bergerak aktif untuk segera melakukan analisa pasar dan merumuskan langkah atau cara meningkatkan pengunjung Restoran anda.

Apa saja cara atau strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung di restoran anda? 

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan pengunjung restoran :

1. Perbaiki kualitas menu dan layanan (service)
Ini hal terpenting yang harus anda lakukan jika restoran anda mengalami penurunan jumlah atau traffic pengunjung. Mintalah Supervisor, Captain, Chief Cook untuk melakukan evaluasi dan tindakan perbaikan segera untuk kualitas menu makanan dan minuman serta kualitas pelayanan oleh Waiter dan Cashier restoran. Kesampingkan dulu semua hal. Fokuslah dulu pada kualitas atau mutu menu dan layanan restoran anda sebelum melakukan analisa dan tindakan lain.

2. Aktifkan Sales Marketing
Gunakan data base pelanggan yang ada untuk melakukan sales marketing. Bisa dilakukan via telfon, sms, dan atau jejaring sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, dan media jejaring sosial lain yang banyak digunakan masyarakat. Misalnya jika anda men-target-kan peningkatan pengunjung passing guest, anda bisa melakukan sales marketing dengan menelfon sopir bus dan travel untuk singgah di restoran anda jika melawati rute yang melintasi restoran anda.


Anda juga bisa membaca artikel : Cara Mendapatkan Database Pelanggan atau Tamu Restoran

3. Layani pembawa tamu dengan baik
Pembawa tamu bisa merupakan Tour Guide, Sopir Bus, Sopir Travel, Kepala Instansi tertentu dan lainnya. Jangan buat mereka kecewa. Bina hubungan baik dan sportif dengan mereka namun jangan berlebihan. 

4. Buat Iklan di media lokal
Buatlah iklan untuk Restoran anda agar lebih dikenal masyarakat atau konsumen. Anda bisa membuat iklan di Radio dan Koran lokal. 

5. Bagi Brosur 
Buatlah Brosur yang menarik untuk mengenalkan dan mempromosikan restoran anda. Tawarkan menu Favorite, Fasilitas, dan lainnya yang menarik minat orang untuk berkunjung ke restoran anda. Anda bisa menggunakan jasa tenaga marketing lepas untuk membagikan brosur ke perumahan, di pintu keluar tol, atau dengan menitipkannya di loper koran dengan cara memberi tips  yang pantas untuk sang loper agar mau menyelipkan sebuah Brosur Restoran di setiap koran yang dibeli orang.

6. Buat program marketing yang menarik dan inovatif
Buatlah program yang bisa mengundang banyak orang untuk berkunjung ke restoran anda, misalnya dengan mengadakan lomba karaoke, pengadaan kartu member dengan diskon khusus dan lain-lain.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Marketing Restoran

7. Selalu ingat cara pertama
Jika Restoran anda sudah mulai ramai, selalu ingatlah cara pertama dari cara meningkatkan pengunjung Restoran yaitu dengan meningkatkan kualitas menu dan layanan restoran anda.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Tepat dan Kreatif Meningkatkan Penjualan atau Omset Restoran

Demikian artikel cara meningkatkan pengunjung restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Meningkatkan Pengunjung Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

2 komentar

berarti harus banyak marketing ya....

Semakin banyak tenaga Marketing semakin baik. Hanya saja harus dipertimbangkan juga mengenai biaya sdm dan efektifitas tenaga marketing. Akan lebih baik jika dikombinasikan antara Marketing Offline dan Online.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.