1/22/2015

Cara Menekan Biaya Operasional Restoran

Dias Izdihar  |  at  1/22/2015  |   |  No comments

Untuk mencapai target laba yang diharapkan, maka pemilik atau pengelola restoran harus melakukan berbagai cara yang salah satu nya adalah dengan  menekan biaya operasional restoran menjadi se-rendah atau se-efisien mungkin. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menekan biaya operasional atau cost Restoran. Beberapa diantaranya akan saya uraikan dalam artikel ini.


Berikut adalah beberapa cata menekan biaya operasional restoran :

1. Rasionalisasi
Cek dan evaluasi kembali jumlah karyawan dan peta kekuatan tim restoran anda. Jumlah karyawan yang banyak tidak selalu bagus untuk operasional, bisa jadi karena jumlah crew atau karyawan yang banyak, pengembangan kemampuan crew menjadi tidak terasah dengan baik karena terbiasa melakukannya dengan ringan dan banyak orang.  Tingkatkan kualitas kemampuan karyawan anda dengan metode training dan bimbingan yang tepat. Ini akan menjadi sebuah keuntungan bagi anda karena bisa menghemat biaya gaji karyawan dan juga bagus untuk pengembangan kemampuan karyawan. Perlu diingat, anda harus dengan sangat cermat bisa menghitung berapa banyak standart atau budget jumlah karyawan untuk Restoran anda. Ajaklah Manager atau Supervisor Restoran anda untuk duduk dan mendiskusikannya dengan cermat. Jangan melakukan rasionalisasi dengan tanpa perhitungan yang justru bisa menjadi kendala operasional Restoran anda karena kurangnya jumlah karyawan.

Anda juga bisa membaca artikel : Dampak Negatif Pengurangan atau Efisiensi Jumlah Karyawan yang Berlebihan

2. Kontrol penggunaan telfon
Jika biaya tagihan telfon di Restoran anda terbilang sangat besar, maka cobalah gunakan sistem penggunaan telfon dengan password. Anda bisa mencari informasi tentang sistem penggunaan telfon dengan password dari perusahaan Telkom. Dengan sistem ini, hanya orang tertentu saja yang anda berikan akses yang bisa melakukan panggilan keluar (outgoing call). Setiap bulan anda juga bisa melakukan print out data penggunaan telfon secara rinci.

3.Kontrol penggunaan air dan listrik.
Panggillah Supervisor dan petugas Satpam Restoran anda untuk menangani masalah penggunaan air dan listrik. Berilah Satpam tanggung jawab untuk menyalakan dan memadamkan lampu dan peralatan electrik di Restoran anda. Untuk Supervisor, anda bisa memberinya tanggung jawab pengawasan penggunaan air, misalnya saja kran air pencucian gelas yang sering dibiarkan mengalir oleh petugas Dishwasher atau Steward harus secara disiplin diingatkan atau ditegur untuk menggunakan air secara hemat dan disiplin.

4. Kontrol penggunaan bahan baku produksi
Ini berkaitan erat dengan kinerja tim kitchen. Misalnya saja, bagaimana cara mengupas dan memotong wortel, seberapa besar bagian kepala dan ujung wortel yang dibuang? bagaimana ketipisan dan ketebalan pengupasan kentang dan sebagainya. Ini terlihat bernilai kecil dan sepele, tapi jika kita kalkulasikan dalam hitungan per tahun maka akan menjadi nilai yang besar.

5. Kontrol penggunaan pembungkus.
Pembungkus seperti kantong plastik, kotak nasi, kotak styroform dan lainnya harus dikontrol penggunaanya dengan baik untuk menghindari penggunaan yang berlebihan atau tidak semestinya. Misalnya saja, ada karyawan bagian kitchen yang menggunakan kantong plastik sebagai kaos kaki karena sepatu boot nya bocor dan sebagainya. Tentu hal seperti ini akan menyebabkan tingginya biaya atau cost operasional Restoran. Jika perlu, lakukan so atau penghitungan alat bungkus setiap hari.

6. Proyeksikan dengan cermat kuantitas produksi  dan  tingkat keramaian pengunjung.
Diperlukan kejelian dalam memproyeksikan atau memperkirakan berapa banyak menu yang dimasak untuk menjadi stock menu siap jual agar tercapai target penjualan dan tak banyak stock yang dibuang. Misalnya, berapa banyak nasi putih yang harus dimasak dalam satu hari atau satu shift. Jika kita salah memproyeksikan tingkat keramaian pengunjung, bisa jadi banyak stock nasi putuh yang sudah dimasak akan menjadi basi dan harus dibuang. Hal yang sama berlaku untuk menu lainnya seperti ayam goreng, telur dadar dan lainnya. Biasanya tingkat keramaian pengunjung meningkat di hari sabtu dan minggu, hari libur nasional dan lainnya atau bisa juga diperkirakan dengan melihat data sales di bulan sebelumnya.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Restoran

7. Maksimalkan perawatan atau pemeliharaan\
Dengan melakukan perawatan atau pemeliharaan aset dan peralatan restoran, maka tingkat kerusakan akan dapat ditekan serendah mungkin. Dengan demikian, kita dapat menghemat pengeluaran untuk membeli peralatan baru.

Demikian cara menekan biaya operasional Restoran. Semoga bermanfaat.

Cara Menekan Biaya Operasional Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.