Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Memilih Lokasi Usaha Restoran

Pemilihan lokasi atau tempat usaha untuk restoran sangat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam menjalankan sebuah usaha restoran. Konsep restoran dan startegi marketing yang bagus saja tidaklah cukup. Anda juga harus cermat dalam memilih lokasi usaha restoran. Untuk itu, di artikel ini saya akan menguraikan bagaimana cara memilih lokasi usaha restoran yang tepat untuk menjalankan bisnis atau usaha kuliner anda di bidang Restoran. Selamat membaca..

Berikut adalah cara memilih lokasi usaha resroran :

1. Dekat dengan target pasar
Sebelum anda memutuskan untuk membangun gedung tempat restoran anda beroperasi, tentukan lebih dahulu siapa target maket atau target pasar Restoran anda. 
a. Jika target pasar anda adalah Passing Guest, maka carilah lokasi di jalur perlintasan antar kota yang padat dilalui kendaraan atau maksimal 1 KM dari pintu keluar tol. 
b. Jika target pasar anda adalah Instansi dan perkantoran, maka pilihlah lokasi yang dekat dengan gedung-gedung pusat instansi atau perkantoran
c. Jika target pasar anda anda adalah masyarakat sekitar, maka pilihlah di daerah padat penduduk atau di mall yang terkenal ramai pengunjung.

2.Terlihat jelas oleh konsumen
Bagunan Restoran harus terlihat dari jalan. Jangan sampai restoran anda tertutupi oleh gedung atau bangunan lain. Pasanglah Billboard Restoran anda tepat didepan pintu masuk halaman parkir Restoran anda semenarik mungkin. Jika anda memilih di mall sebagai  tempat Restoran anda beroperasi, pilihlah di tempat yang juga terlihat oleh pengunjung mall, misalnya di dekat pintu masuk mall atau dekat ATM center.

3. Memiliki halaman parkir yang luas atau memadai
Jika anda menerapkan sistem stand alone untuk restoran anda, hal ini sangat perlu diperhatikan, halaman parkir yang sempit dan sulit untuk memarkirkan kendaraan akan membuat calon pembeli malas untuk berkunjung ke restoran anda meskipun sebenarnya mereka sangat ingin menikmati menu yang dijual di Restoran anda. Jadi, pilihlan tempat yang memiliki halaman parkir yang luas dan posisikan satpam untuk lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen atau pelanggan anda. Untuk anda yang menggunakan mall sebagai tempat restoan anda beroperasi, anda tidak perlu memikirkan soal parkir karena biasanya soal parkir kendaraan sudah ditangani oleh pihak pengelola mall tersebut.


4. Strategis
Pilihlah tempat yang strategis yang biasanya menjadi tempat berpusatnya keramaian atau orang berlalu lalang. Misalnya dekat perempatan jalan, dekat pintu keluar tol, dekat lokasi hiburan dan lain-lain.

5. Aman dan kondusif
Pilihlah tempat yang terkenal aman dan kondusif. Meskipun suatu tempat dinilai sangat strategis dan ideal untuk usaha restoran, namun jika di tempat atau daerah itu sering terjadi tawuran dan lainnya, ini akan menjadi buruk untuk bisnis Restoran anda.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung Restoran

Demikian cara memilih lokasi usaha restoran. Silahkan tuliskan kesan, masukan, dan kritik anda untuk artikel ini dengan menuliskannya di kotak komentar. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top