Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Tugas Kasir di Restoran

Sebagai bagian dari frontliner atau garda depan, kasir (cashier) memiliki tugas-tugas yang harus dijalankan dengan baik di setiap hari kerjanya. Karena posisi kasir yang vital disebabkan berhubungan langsung dengan administrasi dan uang, maka ia dituntut untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan setiap tugas yang dijalankannya. Apa saja tugas kasir di restoran? saya akan mencoba menguraikannya untuk pembaca Restofocus.Com.


Berikut adalah tugas kasir di restoran :

1. Membersihkan dan merapikan area kasir yang meliputi : Meja kasir, komputer kasir, printer, lantai, vas bunga (jika ada), dan tempat sampah area kasir.

2. Memastikan komputer kasir dan printernya  berfungsi dengan baik. Segera laporkan kepada supervisor atau captain waiter jika ditemukan adanya error pada program kasir (POS) dan atau printernya.

3. Cek dan hitung ulang uang modal kasir dan uang receh atau pecahan yang berfungsi sebagai uang tukaran

4. Melakukan transaksi dengan baik, ramah,cepat, dan akurat.

5. Menjawab telfon masuk dengan baik sesuai SOP menerima telfon

6. Mencatat pesanan konsumen dengan jelas dan benar di buku pesanan :
  • Nama, alamat, dan nomor telfon konsumen
  • Tanggal pesanan diterima
  • Tanggal pesanan harus dikerjakan
  • Uang panjar atau Down payment (jika ada)
7. Koordinasi dengan supervisor atau captain waiter jika ada complaint atau keluhan dari konsumen atau pelanggan untuk segera ditindak lanjuti dengan cepat dan tepat.

8. Mendata dan menyimpan barang milik tamu atau konsumen yang tertinggal di restoran. Catatlah di buku barang tertinggal. Kasir restoran wajib mempunyai buku ini.

9. Mentutup kasir :
  • Cuci kasir atau clean transaction di lakukan di tiap akhir shift
  • Penghitungan sales dan pengeluaran dilakukan bersama supervisor atau captain waiter. Jika ada accounting di restoran anda, maka lakukanlah rekap kasir bersama accounting restoran.
Anda juga bisa membaca artikel : Prosedur Menutup Transaksi Kasir 

10. Membersihkan kembali area kasir

11. Serah terima modal dengan kasir berikutnya untuk shift pagi, dan serah terima modal dengan supervisor atau captain waiter untuk kasir di shift terakhir pada saat akan tutup atau closing restoran. Jika restoran operasional selama 24 jam, maka penyerahan modal biasanya diberikan kepada accounting restoran atau pety cash.

Demikian beberapa tugas kasir restoran yang harus dilaksanakan oleh setiap kasir dengan baik. Tentu di beberpa restoran ada sedikit perbedaan menyesuaikan dengan sistem administrasi restoran tersebut. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Johnathan Lobel

Share this article to:

An Internet Marketer, Resto Consultan, Owner and Writer of Restofocus.Com. For more detail, please read About

2 komentar

bagaimana mengatasia masalah kasir yg panjang tangan?

@ Ibu Linda.
Untuk mengatasi Kasir atau Karyawan lain yang melakukan penyimpangan Administratif, kita harus melihat terlebih dahulu seberapa besar porsi kesalahan atau penyimpangan yang dilakukan oleh yang bersangkutan.

Setelahnya, kita bisa memberikan teguran lisan, memberikan Surat Peringatan (SP), sampai dengan menurunkan jabatan (demosi) dan memberhentikan Kasir atau Karyawan tersebut jika penyimpangan atau kesalahan yang dilakukannya tergolong fatal.

Terima kasih sudah berkunjung ke Restofocus.Com

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top