Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Penanganan Barang Milik Tamu yang Tertinggal di Restoran


Dengan berbagai sebab, seringkali ada tamu atau pelanggan restoran yang barang bawaan nya tertinggal di restoran. Dari mulai  kunci, arloji, kacamata, sepatu, mukenah, handphone, dompet bahkan sampai tas berisi uang yang tidak sedikit jumlahnya. Jika restoran tidak membuat aturan yang jelas tentang barang milik tamu yang tertinggal, bisa saja ini disalah-gunakan oleh karyawan restoran, dan anda sebagai pemilik restoran bisa terkena imbasnya, paling tidak nama baik restoran anda menjadi taruhannya.


Untuk itu, perlu dibuat prosedur atau cara penanganan barang milik Tamu yang tertinggal di restoran sebagai berikut :

1. Tanamkan Sifat Kejujuran pada diri semua Karyawan.
Buatlah aturan tertulis yang menyatakan bahwa siapapun yang menemukan barang milik tamu yang tertinggal di area Restoran wajib meng-informasikan-nya kepada Supervisor dan/atau Ksir. Pelanggaran terhadap aturan yang dibuat bisa mengakibatkan sanksi SP atau bahkan pemecatan.

2. Jika ada barang milik tamu yang ditemukan tertinggal di area Restoran, maka catatlah jenis atau nama barang tersebut, tanggal dan jam ditemukan, lokasi atau area ditemukannya barang, dan nama karyawan yang menemukannya.
Buatlah 2 catatan, 1 di selembar kertas, dan 1 lagi di Buku Barang Tertinggal. Buku ini disimpan di Kasir yang berfungsi sebagai data barang tertinggal.

3. Simpanlah catatan yang di selembar kertas bersama barang yang ditemukan. simpan di Meja Kasir atau di Office. Perhatikan keamanannya

4. Jika kemudian ada Tamu yang datang mencarinya, maka mintalah kartu identitasnya misalnya KTP, catat  nama lengkap, alamat, nomor KTP dan Handphone Tamu tersebut.
Jika di Restoran anda ada mesin printer yang dilengkapi  fasilitas photocopy, buatlah photocopy KTP nya saja.

5. Tanyakan lebih dulu ciri-ciri barang yang hilang untuk memastikan bahwa Tamu  tersebut benar pemiliknya. Jika sudah clear, serahkanlah barang milik tamu tersebut.
Mintalah tanda tangan Tamu tersebut sebagai bukti bahwa barang yang tertinggal sudah diambil pemiliknya.

6. Berikan Reward atau Penghargaan kepada Karyawan yang memiliki Jasa besar dalam mengamankan barang milik Tamu yang tertinggal.
Penghargaan bisa berupa Uang tunai, Promosi Jabatan, dan/atau Sertifikat.

Anda juga bisa membaca artikel : Internal Quality Service (IQS) di Restoran

Reputasi Restoran anda yang amanah dalam mengamankan barang milik Tamu atau Pelanggan yang tertinggal, akan memberikan dampak positif yang luar biasa bagi Restoran anda.

Demikian artikel cara  penanganan barang milik tamu yang tertinggal di restoran.Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

2 komentar

Sangat bagus dan sangat berguna.......

Terima kasih atas apresiasi dan kunjungan pak Supriyono di Restofocus. Semoga bermanfaat ya pak.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top