12/23/2014

Cara Menyajikan Pesanan ke Meja Tamu Sesuai Standart Service yang Baik

Dias Izdihar  |  at  12/23/2014  |   |  No comments

Cara Waiter dan Waiteress menyajikan pesanan ke meja tamu sangat perlu diperhatikan karena bisa sangat mempengaruhi Citra layanan atau Service sebuah restoran. Meski menu yang disajikan tampak mengundang selera, juga dengan rasa yang lezat, tapi jika cara menyajikannya tidak sopan misalnya, maka menu yang lezat boleh jadi tidak akan lagi enak dimakan atau bahkan tidak jadi dimakan sama sekali oleh tamu. Kenapa? karena unsur dari sebuah kepuasan (satisfaction) tidak  hanya dari lezatnya masakan, tapi juga Service atau Pelayanan yang diberikan sebuah restoran.

Bagaimana cara menyajikan pesanan ke meja tamu sesuai standart service yang baik? berikut langkah-langkah nya :

1. Cek makanan dan minuman yang akan disajikan sebelum sampai ke meja tamu. Apakah sudah sesuai standart penyajian? apakah ada benda asing seperti rambut, serangga, atau bahkan batu kecil pada makanan dan minuman yang disajikan? apakah garnis nya pas? apakah alat saji nya standart?


Anda juga bisa membaca artikel : Definisi Garnish dan Fungsi Garnish Pada Penyajian Menu

2. Datangi tamu dari arah sebelah kanan. Ingat, bahwa standart service dalam menyajikan makanan dan minuman adalah dari sisi sebelah kanan tamu. Kecuali sisi sebelah kanan tamu adalah tiang atau dinding atau benda lain yang menghalangi Waiter menyajikan pesanan dari sisi sebelah kanan.

3. Ucapkan permisi saat akan meletakan pesanan di meja tamu. contoh : "permisi.. Pesananan nya.."

4. Sebutkan nama menu setiap meletakan nya di meja tamu. Contoh : " 1 porsi Sop Buntut, 1 Nasi Goreng Special..."

5. Letak kan makanan dan minuman dengan perlahan. Usahakan jangan sampai menimbulkan bunyi saat melatakan menu di atas meja.

6. Jika semua menu sudah tersaji, tanyakan apakah ada menu lain yang akan dipesan?, Jika tidak, bersegerahlah ucapkan selamat bersantap atau selamat menikmati. atau ucapkan kata singkat " Silahkan.." sebelum pergi meninggalkan meja tamu.

Demikian Artikel Restofocus tentang cara menyajikan pesanan ke meja tamu sesuai standart service yang baik. Semoga bermanfaat.

Cara Menyajikan Pesanan ke Meja Tamu Sesuai Standart Service yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Izdihar

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.