--> Skip to main content

Cara Menyajikan Pesanan ke Meja Tamu Sesuai Standart Service yang Baik

Cara Waiter dan Waiteress menyajikan pesanan ke meja tamu sangat perlu diperhatikan karena bisa sangat mempengaruhi Citra layanan atau Service sebuah restoran. Meski menu yang disajikan tampak mengundang selera, juga dengan rasa yang lezat, tapi jika cara menyajikannya tidak sopan misalnya, maka menu yang lezat boleh jadi tidak akan lagi enak dimakan atau bahkan tidak jadi dimakan sama sekali oleh tamu. Kenapa? karena unsur dari sebuah kepuasan (satisfaction) tidak  hanya dari lezatnya masakan, tapi juga Service atau Pelayanan yang diberikan sebuah restoran.

Bagaimana cara menyajikan pesanan ke meja tamu sesuai standart service yang baik? berikut langkah-langkah nya :

1. Cek makanan dan minuman yang akan disajikan sebelum sampai ke meja tamu. Apakah sudah sesuai standart penyajian? apakah ada benda asing seperti rambut, serangga, atau bahkan batu kecil pada makanan dan minuman yang disajikan? apakah garnis nya pas? apakah alat saji nya standart?


2. Datangi tamu dari arah sebelah kanan. Ingat, bahwa standar service dalam menyajikan makanan dan minuman adalah dari sisi sebelah kanan tamu. Kecuali sisi sebelah kanan tamu adalah tiang atau dinding atau benda lain yang menghalangi Waiter menyajikan pesanan dari sisi sebelah kanan.

3. Ucapkan permisi saat akan meletakan pesanan di meja tamu. contoh : "Permisi.. pesanannya.."

4. Sebutkan nama menu setiap meletakan nya di meja tamu.

Contoh : "1 porsi Sop Buntut, 1 Nasi Goreng Special..."

5. Letak kan makanan dan minuman dengan perlahan. Usahakan jangan sampai menimbulkan bunyi saat melatakan menu di atas meja.

6. Jika semua menu sudah tersaji, tanyakan apakah ada menu lain yang akan dipesan?, Jika tidak, bersegerahlah ucapkan selamat bersantap atau selamat menikmati. atau ucapkan kata singkat " Silahkan.." sebelum pergi meninggalkan meja tamu.

Demikian artikel tentang cara menyajikan pesanan ke meja tamu sesuai standar service yang baik. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar