--> Skip to main content

Cara Clear up di Restoran

Penanganan clear up atau pembersihan meja yang telah dipakai oleh tamu restoran untuk makan, bisa dilakukan oleh Bush Boy dan Waiter. Baik Bush Boy maupun Waiter harus mampu mengerjakan proses clear up dengan baik dan cepat. Selain itu, peralatan yang dipakai pada saat clear up juga harus diperhatikan kelengkapannya. Jangan sampai tenaga terkuras tapi hasil clear up kurang bersih karena peralatan clear up yang tidak lengkap atau tidak mendukung.

Bagaimana cara clear up di restoran sesuai standart service  yang baik?

Berikut adalah cara clear up di restoran :

1. Siapkan peralatan clear up sebagai berikut :
  • 2 buah Bokor/Baskom plastik persegi
  • 1 botol Spirtus yang sudah dimasukkan ke dalam sprayer (selain Spirtus, Anda juga bisa menggunakan cairan chemical yang direkomendasikan di restoran Anda)
  • 2 lembar kain lap (1 lap basah dan 1 lap kering)
  • 1 buah sapu dan sekop kecil

Letakan peralatan tersebut pada Trolly clear up.

2. Bawa Trolly clear up ke dekat meja yang akan akan di-clear up atau dibersihkan.

3. Bersihkan meja dengan mengangkat perlatan makan yang telah dipakai tamu untuk makan dan letakkan pada Trolly. Ingat, jangan memasukan sendok dan garpu kotor ke dalam gelas atau tempat/bakul nasi karena akan sangat sulit dibersihkan sebab biasanya sudah terkena minyak dan lemak. Hal itu bisa memperlambat kerja Steward dalam mencuci peralatan. Taruhlah sendok pada 1 Bokor, 1 Bokor lainnya kita gunakan untuk menampung sampah.

4. Pindahkan table accessories (vas bunga, nomor meja, asbak dan lainnya jika ada) ke sudut meja. Bersihkan remahan (crumb) atau sisa makanan dengan sapu kecil yang sudah dibawa dan tampung ke dalam sekop kecil. Usahakan semaksimal mungkin agar remahan atau sisa makanan tidak jatuh ke lantai.

5. Semprot permukaan meja dengan cairan spirtus dan lap meja menggunakan lap basah.
Cairan spirtus bisa diganti dengan cairan chemical lain disesuaikan dengan kebutuhan restoran Anda.

6. Ulangi pengelapan meja dengan menggunakan kain lap kering sampai benar-benar bersih dan kesat.

7. Pasang kembali table accessories di bagian tengah (center) meja.
Jika didapati ada vas bunga atau nomor meja yang kotor, kita juga bisa mengelapnya dengan lap kering. Jika sudah dibersihkan dengan dilap namun masih belum maksimal, maka bawalah vas bunga dan nomor meja tersebut untuk dicuci di Dishwasher untuk kemudian dipasang kembali di meja.

8. Sapu remahan dan sampah atau tissue yang ada di lantai sekitar meja
Bersihkan remahan makanan, sampah atau tissue bekas yang terjatuh ke lantai saat melakukan proses clear up dengan menggunakan sapu dan sekop/serok lantai.

9. Bawa Trolly clear up ke loket Dishwasher dan taruhlah peralatan kotor ke loket Dishwasher untuk dicuci oleh Steward.

Demikian cara clear up di restoran sesuai standar Service yang baik.  Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar